Vertiminaponik Solusi Pertanian di Lahan Terbatas

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:58 WIB
Vertiminaponik Solusi Pertanian Di Lahan Terbatas (pertanian.go.id)
Vertiminaponik Solusi Pertanian Di Lahan Terbatas (pertanian.go.id)

SurabayaNetwork.id – Lahan pertanian di Indonesia semakin sempit. Hal ini disebkan karena terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, luas lahan sawah di Indonesia pada tahun 2015 adalah 8.087.393 ha sementara pada tahun 2014 luas lahan sawah di Indonesia adalah 8.111.593 ha.

Dari data tersebut dapat terlihat bahwa lahan sawah di Indonesia mengalami penurunan sebesar 24.200 ha.

Baca Juga: Hendak Transaksi, Pria ini Diamankan saat Jualan Sabu di Surabaya

Penurunan luas lahan sawah di Indonesia menjadi masalah yang harus segera ditangan demi memenuhi kebutuhan pangan. Khususnya di wilayah perkotaan kebutuhan pangan terus meningkat seiring dengan pertambahnya jumlah penduduk di wilayah perkotaan.

Tetapi lahan di perkotaan sangat terbatas karena perkembangan pembangunan terus dilakukan. Seiring dengan perjalannya waktu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta terus berinovasi untuk mengatasi lahan terbatas untuk pertanian di wilayah perkotaan demi memenuhi kebutuhan pangan.

BPTP Jakarta berinovasi untuk mengembangkan teknik budidaya tanaman secara vertiminaponik.Vertiminaponik adalah budidaya pertanian sayuran secara vertikal berbasis pot talang plastik dengan sistem akuaponik. Di sistem budidaya pertanian dengan vertiminaponik, di satu tempat budidaya yang sama dapat menghasilkan dua komuditas sekaligus yaitu budidaya sayur dan ikan.

Cara kerja budidaya pertanian dengan vertiminaponik menggunakan sistem pertanian terpadu. Dimana ikan yang terdapat dibawah budidaya sayuran mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan sayuran dengan cara sisa pakan dan kotoran ikan yang mengandung hara konsentrasi tinggi dimanfaatkan oleh sayuran yang dibudidayakannya.

Sementara budidaya sayuran (tanaman) akan menyaring air dan mempertahankan kualitas air yang berada di bawahnya. Dengan mempertahankan kualitas air kolam supaya tetap baik dan terbebas dari sisa pakan dan kotoran ikan dapat mendorong pertumbuhan ikan menjadi lebih baik.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pepino, Buah Unik dengan Banyak Manfaat

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:46 WIB
X