Mengenali Ancaman Virus Cacar Monyet: Pengertian, Gejala, Penanganan serta Pencegahannya

- Minggu, 22 Mei 2022 | 06:06 WIB
mengenal virus cacar monyet
mengenal virus cacar monyet

SurabayaNetwork.id - Dunia kembali dibuat cemas dengan munculnya laporan dari Australia, dan beberapa negara Eropa serta Amerika Utara mengenai menyebarnya virus cacar monyet.

Kasus cacar monyet dilaporkan dialami oleh beberapa warga negara di negara tersebut.

Cacar monyet sebenarnya bukan penyakit baru, dilansir dari situs www.who.int, pada tahun 1970 penyakit tersebut telah muncul di Republik Demokratik Kongo pada seorang anak laki-laki berusia 9 tahun yang kemudian mulai merebak di tahun tertentu pada periode berikutnya.

Cacar monyet merupakan penyakit yang menular, namun menurut para ahli penyakit ini tidak menimbulkan risiko serius bagi publik.

Baca Juga: WHO Tegaskan Cacar Monyet Tak Hanya Serang Gay dan Biseksual, Siapapun Bisa Terjangkit

Meski demikian, masyarakat tetap dihimbau untuk berhati-hati dan tetap mematuhi protokol kesehatan terutama bagi balita dan anak-anak.

Seperti yang ditulis oleh salah satu dokter anak, dr. Ardi Santoso SpA, Mkes.

“Berbagai negara di Eropa dan Amerika melaporkan adanya kasus monkeypox/cacar monyet. Penyakit ini menular dan harus diisolasi, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa cuci tangan,” katanya lewat postingan Instagram dengan akun @ardisantoso.

Pengertian Cacar Monyet atau Monkeypox

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox, yakni virus zoonosis (virus yang ditularkan dari hewan ke manusia) dengan gejala yang mirip penyakit cacar.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pepino, Buah Unik dengan Banyak Manfaat

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:46 WIB
X