Contoh Teks Ceramah, Pidato, Sambutan Untuk Kedua Mempelai, Lengkap dengan Ayat Al Quran dan Hadits

- Minggu, 11 September 2022 | 16:32 WIB
Contoh Teks Ceramah, Pidato, Sambutan Untuk Kedua Mempelai
Contoh Teks Ceramah, Pidato, Sambutan Untuk Kedua Mempelai
SurabayaNetwork.id - Momen pernikahan adalah momen sakral yang berpengaruh besar pada kehidupan seseorang, banyak calon mempelai yang menyiapkannya jauh-jauh hari agar acara berjalan sempurna.
 
Bagi Anda yang bertugas memberi sambutan pada kedua mempelai. Tim Surabaya Network telah merangkum contoh teks ceramah, pidato, sambutan untuk kedua mempelai lengkap dengan ayat dan hadits.
 
Simak contoh teks ceramah, pidato, sambutan untuk kedua mempelai lengkap dengan ayat dan hadist berikut ini.
 
 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 
Alhamdulillahi Robbil Alamin, Wa sholatu wa salamu alaa asyrafil anbiya i wal mursalin, waala alihi  wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.
 
Puja dan puji marilah kita panjatkan kepada Allah yang Maha Kuasa. Atas kasih dan sayang-Nya, pada hari ini ... (hari, tanggal)... kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang berbahagia, yaitu dalam rangkaian acara prosesi akad nikah ...(nama CPP)... dan ...(nama CPW)...
 
Hadirin tamu undangan yang berbahagia, Insya Allah tak lama lagi akan ada 2 hati yang terpaut dalam satu janji. Sebuah janji yang akan mengubah setiap hal menjadi rangkaian ibadah yang luar biasa.
 
Janji antara dua insan yang bernama ... (Nama CPW)... & ... (Nama CPP)...
 
...(Nama CPW)... merupakan putri dari pasangan Bpk. ......... & Ibu ...........
 
...(Nama CPP)... merupakan putra dari pasangan Bpk. ......... & Ibu ............
 
Pernikahan merupakan kegiatan menyatukan dua insan manusia secara sah dalam mata hukum maupun agama.
 
Sebagaimana termaktub dalam Alquran yang berbunyi

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami Ciptakan Berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS Az-Zariyat: 49).
 
dan kutipan Ayat lain di QS An-Nisa ayat 1 berikutnya berbunyi seperti ini.
 
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu.” (QS An-Nisa: 1).

Keutamaan menikah adalah mendapat pahala sunnah. Ini karena menikah adalah salah satu sunnah yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam. Bagi yang sudah mampu secara finansial dan mental, maka dianjurkan untuk segera menikah.
 
Keutamaan menikah dalam Islam ialah untuk menundukkan pandangan serta membentengi diri dari perbuatan keji dan kotor yang dapat merendahkan martabat seseorang. Dalam Islam, sebuah pernikahan akan memelihara serta melindungi dari kerusakan serta kekacauan yang ada di masyarakat.
 
Sebagaimana di Surat Ar-Rum Ayat 21 tentang Pernikahan dan Ketentraman.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS Ar-Rum: 21).
 
Adapun pernikahan imbalannya bukan hanya surga, juga keridhoan Allah SWT. Seperti diketahui, pernikahan merupakan impian sebagian orang untuk menyatukan dua insan dan tentunya menjadi salah satu untuk mendapatkan ridhonya Allah SWT.

Barakallahu laka, wa baraka 'alaika, wa jama'a bainakuma fii khairin wa 'afiyah. Artinya: “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu.
 
 
Demikian sambutan dari Saya untuk kedua mempelai, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum WR WB.***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Teks MC Akad Nikah Simpel dan Mudah Dihafal

Jumat, 30 September 2022 | 13:27 WIB
X