Instruksi Mendagri Tetapkan Surabaya PPKM Covid-19 Level 2, Ini Penjelasan dari Pemkot

- Kamis, 12 Mei 2022 | 22:26 WIB
Ilustrasi PPKM, Instruksi Mendagri Tetapkan Surabaya PPKM Covid-19 Level 2, Ini Penjelasan dari Pemkot (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Ilustrasi PPKM, Instruksi Mendagri Tetapkan Surabaya PPKM Covid-19 Level 2, Ini Penjelasan dari Pemkot (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)

SurabayaNetwork.id- Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 24 tahun 2022 yang berlaku tanggal 10 hingga 23 Mei 2022 menetapkan Kota Surabaya berada di PPKM Level 2.

Kadinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina menjelaskan ada kesalahan dalam sistem pada aplikasi asesmen situasi Covid-19 vaksin.kemenkes.go.id yang menjadi indikator penetapan PPKM Level pada Inmendagri.

Kesalahan sistem itu terjadi pada tanggal 29 April - 7 Mei 2022 atau saat libur dan cuti lebaran tahun 2022.

Baca Juga: 4 Masjid Unik di Jakarta, Tempat Wisata Rohani yang Layak Dikunjungi

"Kami setiap hari melakukan pemantauan situasi Covid-19 pada aplikasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Terakhir pada tanggal 28 April masih bisa melihat kondisi Surabaya Level 1. Per tanggal 29 Mei, posisi aplikasi kosong sampai tanggal 7 Mei," jelasnya, Kamis (12/5/2022).

Selain itu, sepanjang libur dan cuti lebaran per tanggal 29 April sampai 7 Mei, aplikasi indikator PPKM Kemenkes juga tidak dapat diakses.

Indikator situasi Covid-19 Surabaya masih menggunakan data per tanggal 28 April. Sementara aplikasi Kemenkes baru dapat diakses kembali tanggal 8 Mei dengan posisi Kota Surabaya berada pada Level 2.

Baca Juga: Profil Shireen Abu Akleh, Jurnalis Al Jazeera dan Aktif Suarakan Rakyat Palestina, Dibunuh Pasukan Israel

"Saat itu asesmen situasi Covid-19 Surabaya Level 2, karena ada satu indikator yang kurang memadai di antara 8 indikator PPKM, yaitu ratio tracing 1:0. Posisi tracing kita saat itu Nol. Padahal, kondisi Surabaya di aplikasi Silacak menunjukkan ratio tracing melebihi target 1:15," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X