Gak Perlu Jauh-Jauh Ke LUAR NEGERI, Situs Wisata di BONDOWOSO Jawa Timur Ini Mirip Dengan Stonehenge INGGRIS

- Senin, 23 Januari 2023 | 09:23 WIB
Gak Perlu Jauh-Jauh Ke LUAR NEGERI, Situs Wisata di BONDOWOSO Jawa Timur Ini Mirip Dengan Stonehenge INGGRIS (khendil.com)
Gak Perlu Jauh-Jauh Ke LUAR NEGERI, Situs Wisata di BONDOWOSO Jawa Timur Ini Mirip Dengan Stonehenge INGGRIS (khendil.com)

SurabayaNetwork.id – Apakah Anda punya mimpi berkunjung ke Inggris? Kini Anda tidak perlu jauh-jauh lagi sampai luar negeri cukup ke Bondowoso.

Mengingat Kabupaten Bondowoso Jawa Timur memiliki aset wisata yang hampir mirip dengan Stonehenge Inggris. Bahkan wisata tersebut kini dikenal dengan Stonehenge van Java.

Stonehenge van Java tersebut lokasinya ada di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, dan dikenal dengan situs wisata Batu So’on.

Situs tersebut berupa batuan besar yang terlihat berdiri tegak dan terlihat bentuknya seperti Stonehenge. Batu-batu yang berdiri di situs Batu So’on tersebut memiliki tinggi sekitar 25 meter.

Baca Juga: Anda Pasti Kaget, Kabupaten GRESIK Dulu Namanya SURABAYA. Bagaimana Ceritanya?

Namun sampai saat ini belum diketahui dengan pasti peristiwa alam apa yang menyebabkan terbentuknya Batu So’on tersebut.

Situs wisata Batu So’on berjarak sekitar 42,5 kilometer (km) dari pusat Kota Bondowoso atau waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Dulunya nama situs Batu So’on ternyata bukanlah nama pertama dari situs batu tersebut. Sebelumnya situs wisata Batu So’on bernama “Pandepa” yang berarti pendopo.

Nama Batu So’on sendiri mulai digunakan sejak situs bebatuan tersebut mulai dijadikan tempat wisata dan dikelola Dinas Pariwisata Bondowoso sejak 2016.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X