Tegas! Korea Utara Hukum Mati Warganya yang Berani Nonton Drakor

- Kamis, 16 Desember 2021 | 22:27 WIB
Korea Utara hukum mati warga yang nonton drakor (Berita Nusra)
Korea Utara hukum mati warga yang nonton drakor (Berita Nusra)

SurabayaNetwork.id - Drama Korea tak hanya ditunggu-tunggu oleh warga Indonesia, tapi juga di banyak negara, tak terkecuali Korea Utara.

Hanya saja, warga Korea Utara tak bisa dengan bebas menonton drama Korea. Karena selain terbatasnya akses internet, pemerintahan Korea Utara juga melarang keras warganya untuk menonton drama Korea.

Bahkan kabarnya, pemerintahan di bawah kepemimpinan Kim Jong-un akan memberlakukan hukuman sangat berat bagi warganya yang berani melanggar.

Baca Juga: Atta Halilintar Kenang Laura Anna Saat Beri Rekomendasi Judul Drakor: Rest In Peace, Dek

"Pihak berwenang akan memanfaatkan berbagai teknik, termasuk hukuman hukum yang lebih berat, bersama dengan proyek-proyek pendidikan ideologis, untuk mencegah penyusupan lebih lanjut dari budaya Korea Selatan," kata seseorang dikutip dari Laporan Radio Free Asia (RFA) yang dilansir dari NY Times pada Kamis, 16 Desember 2021.

Hingga kini, setidaknya 7 warga telah dieksekusi di depan umum lantaran terbukti menonton dan mendistribusikan media Korea Selatan, termasuk di dalamnya drama Korea dan K-Pop.

Laporan baru dari Transition Justice Working Group mengungkap hingga kini sudah 23 warga yang dieksekusi di masa kepemimpinan Kim Jong-un.

Warga yang hendak dieksekusi diharuskan melihat 3 penembak yang akan mengeksekusi mereka. 3 juru tembak akan menempakkan 9 peluru ke 1 warga yang mendapatkan hukuman mati itu.

Selain itu, keluarga dari seseorang yang dihukum mati diwajibkan menyaksikan eksekusi tersebut sebagai pesan peringatan agar tidak diulangi.

Pemerintahan Korea Utara menganggap budaya asing, termasuk di dalamnya drama Korea maupun K-Pop seperti sebuah kanker ganas yang harus dibasmi.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X