Ditemukan Fosil Embrio Dinosaurus Cantik yang Gegerkan Para Peneliti Dunia

- Kamis, 23 Desember 2021 | 20:49 WIB
Ditemukan Fosil Embrio Dinosaurus Cantik yang Gegerkan Para Peneliti Dunia (tangkap layar dari birmingham.co.uk)
Ditemukan Fosil Embrio Dinosaurus Cantik yang Gegerkan Para Peneliti Dunia (tangkap layar dari birmingham.co.uk)
 
SurabayaNetwork.id - Peneliti Dunia menemukan Fosil embrio dinosaurus berusia sekitar 66 juta tahun yang lalu di Ganzhou, China. Fosil tersebut milik dinosaurus theropoda ompong atau oviraptorosaur.
 
Fosil yang oleh para peneliti diberi nama "Baby Yingliang" ini tergolong unik karena memiliki postur seperti telur ayam yang hendak menetas. Temuan fosil embrio ini memberikan informasi baru yang sebelumnya belum diketahui soal perkembangan dinosaurus.
 
Para ilmuwan menyebutkan penemuan embrio dinosaurus ini sangat indah seperti telur ayam yang hendak menetas. 
 
 
Fosil embrio ini mengungkapkan postur yang sebelumnya tidak terlihat pada dinosaurus. Fosil telur dinosaurus yang baru ditemukan itu memiliki panjang sekitar 17 cm. Sementara bayi dinosaurus diperkirakan memiliki panjang 27 cm.
 
Penemuan fosil embrio yang disebut penemuan besar, dilansir dari birmingham.ac.uk, peneliti Fion Waisum Ma dari Universitas Birmingham mengungkapkan kekagumannya atas penemuan fosil tersebut. 
 
"Ini adalah salah satu embrio dinosaurus terbaik yang pernah ditemukan dalam sejarah," kata Fion Waisum Ma.
 
Hal senada juga dipaparkan peneliti lain dari University of Edinburgh, Steve Brusatte soal betapa indahnya penemuan fosil embrio dinosaurus tersebut. 
 
 
"Embrio dinosaurus di dalam telurnya adalah salah satu fosil terindah yang pernah saya lihat," kata Steve Brusatte yang dikutip dari dailymail.co.uk.
 
Sedangkan dari situs CNN.com mengenai fosil embrio tersebut, penemuan telur yang masih utuh termasuk kasus yang langka. 
 
Darla Zeletnitsky, peneliti dari Universitas Calgary Kanada memberi pendapat soal informasi dari penemuan tersebut sangat membantu ditengah minimnya data soal embrio dinosaurus.
 
"Hingga saat ini, masih sangat sedikit informasi yang diketahui tentang apa yang ada di dalam telur dinosaurus, karena hanya sedikit kerangka embrio, terutama yang lengkap dan diawetkan dalam bentuk hidup," terang Darla Zeletnitsky. ***

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X