Jurnalis Shireen Abu Akleh Meninggal Dunia Karena Tertembak di Palestina

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:20 WIB
Jurnalis Shireen Abu Akleh Meninggal Dunia Karena Tertembak di Palestina (Tangkapan layar kanal youtube Evening Standard)
Jurnalis Shireen Abu Akleh Meninggal Dunia Karena Tertembak di Palestina (Tangkapan layar kanal youtube Evening Standard)

SurabayaNetwork.id – Berita duka datang dari dunia pers, seorang jurnalis senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh tewas tertembak pasukan Israel saat meliput di kawasan Jenin, Tepi Barat, Palestina pada Rabu, (11/5/2022).

Shireen Abu Akleh adalah jurnalis yang telah bekerja di Al Jazeera sejak awal Intifida Palestina kedua pada tahun 1997.

Di kutip dari The Times of Israel, jurnalis Shireen Abu Akleh (51 tahun), ditembak di kepala saat meliput operasi tentara Israel yang telah mengalami ketegangan tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Mahasiswa ITS Kembangkan Inovasi Pembangkit Listrik dari Getaran Kendaraan di Jalan

Dalam cuplikan dari tempat kejadian setelah dia tertembak, Shireen Abu Akleh terlihat mengenakan helm dan rompi bertuliskan “PRESS”.

Menurut International Humanitarian Law, jurnalis yang sedang bertugas di wilayah konflik dilindungi dan jurnalis maupun peralatan liputannya tidak boleh diserang.

Shireen ditembak dari arah depan, dekat telinga, yang tidak terlindungi helm. Ini menunjukan bahwa dia ditarget secara sengaja dan ditembak dengan presisi.

Dari keterangan kementerian kesehatan Palestina, Shireen Abu Akleh sempat dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan kritis.

Namun sayangnya, nyawa Shireen tidak tertolong sehingga dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Terbaru Tentang Ukraina dan Rusia

Senin, 4 Juli 2022 | 19:44 WIB

5 Fakta Menarik Tentang Sungai Aare di Swiss

Jumat, 10 Juni 2022 | 07:10 WIB
X