Hari Pelajar Internasional 17 November, Mengenang Pelajar dalam Melawan Nazi Hitler Sampai Revolusi Beludru

- Kamis, 17 November 2022 | 08:24 WIB
Sejarah Hari Pelajar Internasional 17 November
Sejarah Hari Pelajar Internasional 17 November

Surabayanetwork.id - Hari Pelajar Internasional diperingati setiap tanggal 17 November.

Hari Pelajar Internasional 17 November diperingati untuk mengenang perjuangan pelajar dalam melawan kediktatoran Nazi, Adolf Hitler.

Hari Pelajar Internasional 17 November memperingati terjadinya Demo Praha yang terjadi pada tahun 1939.

Dengan Hari Pelajar Internasional membuktikan bahwa pelajar bisa mengambil peran dan posisi penting dalam melawan ketidakadilan yang terjadi.

Baca Juga: 10 Quotes Ucapan Hari Pelajar Internasional 2022, Cocok Dibagikan ke Media Sosial Facebook dan Instagram


Berikut sejarah dari Hari Pelajar Internasional 17 November.

Tahun 1933 Adolf Hitler berkuasa di Jerman, menyatakan klaim yang semakin agresif atas wilayah di luar perbatasan mereka, tetapi yang mereka anggap milik Reich Jerman.

Tahun 1938, Hitler menjajah Austria, kemudian Cekoslowakia turut dipaksa menyerahkan sebagian wilayahnya dengan memecah Slovakia.

Slovakia dijadikan sebagai negara satelit dan memberikan Reich Ketiga kendali atas wilayah Ceko.

Tanggal 28 Oktober 1939 bertepatan dengan 21 tahun kemerdekaan Republik Cekoslowakia, pelajar di Universitas Charles di Praha mengadakan demo.

Demo ini ditangani dengan brutal oleh Nazi, tercatat 15 pelajar terluka parah dan dua minggu kemudian salah satu dari mereka tewas karena luka peluru.

Tanggal 15 November 1939, sehari sebelum pemakaman pelajar yang tewas, , sesama pelajar yang berduka meminta izin untuk prosesi pemakaman melalui pusat kota Praha.

Hal tersebut menarik ribuan pelajar dan berhasil menggerakan menjadi aksi melawan pasukan Nazi, yang dibalas secara drastis dan brutal.

Dugaan Para Sejarawan, dengan tujuan untuk melemahkan pelajar aktivis akademik yang memberontak, pemerintah membiarkan prosesi tersebut, karena mereka ingin menutup semua universitas di Ceko.

Tanggal 17 November 1939 pemerintah menutup universitas sampai akhir perang, menangkap lebih dari 1.200 pelajar dan mendeportasi mereka ke kamp konsentrasi Sachsenhausen.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Resmi Menyetujui Larangan Propaganda LGBT

Minggu, 27 November 2022 | 08:45 WIB

Profil Pelatih Timnas Qatar Felix Sanchez Asal Barcelona

Minggu, 20 November 2022 | 08:05 WIB
X