Profil Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia ke-10 dan Kedekatannya dengan BJ Habibie

- Sabtu, 26 November 2022 | 08:39 WIB
profil perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim
profil perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim

SurabayaNetwork.id - Penantian yang yang cukup lama dari Anwar Ibrahim selama 25 tahun, akhirnya, ditunjuk  menjadi Perdana Menteri, oleh Raja yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, pada Kamis (24/11/2022) lalu.

Anwar Ibrahim yang akrab disapa DSAI (Dato Sri Anwar Ibrahim) ditunjuk langsung oleh Raja setelah pemilu tidak bisa mencapai suara mayoritas.

Anwar Ibrahim dikenal sebagai salah satu tokoh reformasi yang berhaluan Islam Demokrat.

Dikutip dari berbagai sumber inilah profil Anwar Ibrahim.

Baca Juga: Profil dan Biodata Anwar Ibrahim PM Malaysia yang Jadi Sorotan Publik, Ternyata Pernah di Penjara

Anwar Ibrahim memulai karir politiknya pada tahun 1982 silam, dengan bergabung dengan partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Pada masa pemerintahan PM Mahathir Mohamad, Anwar Ibrahim beberapa kali menduduki posisi di kabinet hingga menjadi wakil Perdana Menteri.

Setetelah Anwar Ibrahim terpilih sebagai Perdana Menteri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, melalui sambungan telepon dari Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi berharap bisa segera bertemu Anwar Ibrahim.

"Atas nama pemerintah, atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri kesepuluh Malaysia," ucap Jokowi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (25/11/2022).

Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa, Anwar Ibrahim adalah sosok yang dikenal luas di Indonesia dan dihormati oleh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ajaib, Dompet Hilang Ketemu Setelah Puluhan Tahun

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:15 WIB
X