Suporter Tunisia Membawa Bendera Palestina Nekat Masuk ke Lapangan pada Laga Piala Dunia 2022 Qatar

- Kamis, 1 Desember 2022 | 11:06 WIB
supporter Tunia bawa bendera Palestina ke lapangan
supporter Tunia bawa bendera Palestina ke lapangan

SurabayaNetwork.id - Suporter asal Tunisia nekat masuk ke lapangan dengan membawa bendera Palestina di laga Tunisia vs Prancis pada Rabu, 30 November 2022 yang diselenggarakan di Stadion Education City.

Aksi pria tersebut dilakukan pada babak kedua di menit ke-67. Suporter Tunisia itu menggunakan pakaian berwarna merah yang bertuliskan 'Tunisia Your Time is Now', saat melancarkan aksinya ia melakukan salto sebanyak dua kali, kemudian berlari sambil mengibarkan bendera Palestina.

Namun, aksinya tidak berlangsung lama karena tim keamanan langsung mengejar dan menangkapnya.

Suporter Tunisia juga pernah menunjukkan keberpihakannya kepada Palestina pada pertandingan Tunisia melawan Australia pada Sabtu, 26 November 2022 dengan membentangkan spanduk berukuran besar dengan gambar bendera Palestina dan bertuliskan "Free Palestine" yang berarti bebaskan Palestina.

Baca Juga: Link Streaming Tunisia VS Prancis Piala Dunia 2022 Gratis Serta Prediksi Pemenangnya

Selama pertandingan piala dunia Qatar 2022, suporter Tunisia selalu mengibarkan spanduk yang bergambar bendera Palestina sebagai bentuk dukungan mereka kepada saudara sesama muslim di Palestina dan untuk mengingatkan kepada dunia bahwa rakyat Palestina tidak sendirian.

Namun, aksi suporter Tunisia yang nekat masuk ke lapangan membawa bendera Palestina adalah hal yang pertama terjadi. Aksi ini diduga sebagai ungkapan balasan terhadap aksi suporter Uruguay yang membawa bendera LGBTQ.

Aksi penonton tersebut terjadi di laga Portugal vs Uruguay. Ia masuk dan membawa bendera LGBTQ dengan mengenakan baju berwarna biru yang bertuliskan "Save Ukraina".

Belakangan ini diketahui bahwa yang membawa bendera LGBTQ adalah Mario yang merupakan pesepakbola sekaligus aktivis kemanusiaan.

Bendera tersebut ia kibarkan sebagai bentuk protesnya kepada pemerintah Qatar yang melarang kampanye LGBTQ selama piala dunia 2022 berlangsung.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ajaib, Dompet Hilang Ketemu Setelah Puluhan Tahun

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:15 WIB
X