Inilah Penjelasan Hadits Rasulullah, Sebaik-Baik Kalian Adalah yang Belajar Al Quran dan Mengajarkannya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 10:18 WIB
Inilah Penjelasan Hadits Rasulullah, Sebaik-Baik Kalian Adalah yang Belajar Al Quran dan Mengajarkannya (Tangkapan Layar Youtube Ory Channel)
Inilah Penjelasan Hadits Rasulullah, Sebaik-Baik Kalian Adalah yang Belajar Al Quran dan Mengajarkannya (Tangkapan Layar Youtube Ory Channel)

 


Surabayanetwork.id - Dalam hadits Rasulullah bersabda,” Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya.”( HR. Bukhari)

Penjelasan dalam hadits ini Rasulullah menyebutkan ada 2 amalan yang dapat mengantarkan seorang muslim, bisa menjadi yang terbaik diantara saudara-saudaranya sesama muslim yaitu belajar Al Qur’an dan mengajarkan Al Qur’an kepada orang lain.

Mengapa Rasulullah mengatakan demikian? Mengapa muslim terbaik itu dinilai dari mengamalkan dua amalan belajar dan mengajarkan Al Qur’an? Tentu karena status Al Quran itu sendiri di dalam agama Islam yaitu Al Qur’an adalah firman Allah.

Baca Juga: Info Vaksinasi Surabaya 13 Januari 2022, Cek Jenis Vaksin, Lokasi, dan Syaratnya.

Suatu ketika Sofyan Sauri ditanya “Manakah yang lebih engkau cintai orang yang berperang dijalan Allah atau yang membaca Al Quran?” Ia menjawab,” Orang yang membaca Al Qur'an.” Karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,” Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya kepada orang lain.”

Hal tersebut diatas tentang penjelasan hadits Rasulullah, sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya, diunggah dari Youtube khazanah Islam 8 Agustus 2017.

Maka belajar dan mengajarkan Al Qur’an ini, layak mengantarkan pelakunya untuk menjadi manusia yang terbaik, juga tak lepas dari keistimewaan yang luar biasa dari membaca Al Qur’an. Orang yang mahir membaca Al Qur'an kelak di akhirat akan mendapat surga, bersama-sama dengan Rasul-Rasul yang mulia.

Ada hadits riwayat Muslim,” Kelak di hari kiamat, Al Qur’an akan menjadi syafaat bagi pembacanya.” Bahkan dampak positif dari membaca Al Qur’an tidak hanya dinikmati oleh pembacanya saja tetapi dapat dirasakan oleh kedua orang tuanya.

Rasulullah bersabda,”Barang siapa membaca Al Qur’an dan mengamalkan isinya. Allah akan memakaikan kepada kedua orang tuanya di hari kiamat sebuah mahkota yang sinarnya lebih bagus dari pada sinar matahari di kampung dunia.” (HR. Abu Dawud)

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X