Akhlak dalam Islam, Ini Penjelasan Pentingnya Akhlak dalam Ajaran Islam

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:28 WIB
Akhlak dalam Islam, Ini Penjelasan Pentingnya Akhlak dalam Ajaran Islam
Akhlak dalam Islam, Ini Penjelasan Pentingnya Akhlak dalam Ajaran Islam

 


Surabayanetwork.id - Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa Rasulullah diturunkan untuk memperbaiki akhlak.

Dalam hadits yang lain yang diriwayatkan Imam Bukhori, Rasulullah bersabda, ”Sesungguhnya Sebaik-baik di antara kalian adalah orang yang paling baik budi pekertinya.”

Penjelasan dalam hadits ini, Rasulullah menyebutkan bahwa akhlak atau budi pekerti sebagai tolok ukur terbaik bagi seorang muslim. Karena akhlak mudah memicu segala perbuatan baik.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Bintang Bano, di Sumbawa Barat, NTB, Habiskan Hingga 1,44 Triliun

Orang yang berakhlak dermawan akan menyumbangkan begitu saja apa yang bisa ia sumbangkan.Begitu yang perlu disumbang tanpa memikirkan untung rugi

Demikian juga orang pemaaf, akan memaafkan begitu saja pada pihak yang perlu dimaafkan, tanpa meninggalkan rasa dendam.

Orang yang melakukan kebaikan berdasarkan akhlak, akan melakukannya karena mereka menyadari bahwa itu baik bukan karena takut sanksi atau ingin dipuji.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Dapat Vaksin Nusantara oleh Dokter Terawan, Netizen: Kapan untuk Masyarakat?

Jadi orang yang akhlaknya paling baik adalah orang yang mengeluarkan dengan kesadaran sendiri, segala sikap baik dan perlakuan baik yang dimilikinya seperti lemah lembut, muka berseri, sabar, mencintai, menyayangi, tabah dan menahan segala tindakan buruk yang mungkin dilakukan kepada orang lain.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X