Kecewa Sebab Do'a Tak Kunjung Dikabulkan? Simak Nasihat Ibnu ‘Athaillah Tentang Sikap Muslim Dalam Berdo'a

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 07:11 WIB
nasihat ibnu athaillah tentang berdoa
nasihat ibnu athaillah tentang berdoa

SurabayaNetwork.id – Do’a merupakan inti sebuah ibadah senjata seorang mukmin. Namun tak jarang manusia sering tidak sabar dengan pengabulan do’a dan cenderung berpaling ketika do’a tak kunjung dijawab oleh Allah segera. Padahal dalam banyak riwayat dijelaskan bahwa Allah selalu menjawab setiap do’a.

Ibn ‘Athaillah dengan rahmat Allah dapat menjelaskan ayat-ayat Allah serta hadits-hadits Rasulullah dengan pendekatan ‘romantis’ yang menambah keimanan kita.

Simak nasihat Ibnu ‘Athaillah tentang pengabulan do’a dan bagaimana seharusnya seorang muslim dalam bersikap.

“Kesungguhanmu meraih apa yang telah dijaminkan untukmu dan kelalaianmu mengerjakan apa yang dituntut darimu merupakan bukti padamnya mata hati.”

Baca Juga: Baca Doa Ini Selepas Ruku', Syekh Ali Jaber: 37.000 Malaikat Berebut Mencatatnya

Dalam al-Tanwir, Ibnu ‘Athaillah mengatakan, “Bagaimana dikatakan memiliki akal dan bashirah jika kau sibuk dengan sesuatu yang telah dijaminkan untukmu dan melalaikan apa yang dituntut darimu?”

Seorang sufi mengatakan perkataan terkenal yang dikutip oleh banyak ulama, “Allah telah menjamin dunia untuk kita, dan menuntut akhirat dari kita. Oh, andai saja Dia menjaminkan akhirat untuk kita dan menuntut dunia dari kita.”

Artinya, yang penting untuk diingat adalah agar hamba senantiasa menyadari ketentuan-Nya yang telah berlaku, serta menyadari kelalaian yang telah dilakukan. Dan meninggalkan urusan yang telah dijamin Allah adalah sebuah langkah yang paling utama.

“Jangan sampai lambatnya pemberian padahal kau terus-menerus berdoa membuatmu putus asa.”

Sikap yang dituntut dari seorang hamba dari Allah adalah ketika membutuhkan sesuatu, sepatutnya ia terus berdoa memohon pada Allah.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X