Hukum Puasa Syawal dari Keutamaannya, Lafadz Niat Hingga Ketentuannya

- Selasa, 10 Mei 2022 | 06:43 WIB
keutamaan puasa syawal
keutamaan puasa syawal
SurabayaNetwork.id - Puasa syawal mulai dari Keutamaan, hukum, lafadz niat hingga ketentuannya akan lengkap dibahas dalam artikel ini. 
 
Puasa syawal mulai dari keutamaan, hukum, lafadz niat, hingga ketentuannya banyak dicari oleh umat Islam yang ingin melaksanakan puasa syawal 
 
Puasa syawal dari keutamaan, hukum, lafadz niat, hingga ketentuannya juga banyak dicari sebagai bahan khutbah jum'at atau bahan kajian. 
 
Puasa syawal merupakan puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. 
 
 
Dalam hadist Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam yang berbunyi : "Sesiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian meneruskan dengan puasa 6 hari di bulan syawal sepertinya dia berpuasa selama setahun." (Hadist riwayat Imam Muslim). 
 
Adapun keutamaan, hukum, lafadz niat, serta ketentuannya yaitu; 
 
Keutamaan Puasa syawal
 
Puasa syawal sebagai penyempurna puasa  sebagaimana sholat sunnah rawatib (Qabliyah dan Ba'diyah). 
 
Puasa syawal memiliki keutamaan dengan pahala puasa satu tahun dengan kalkulasi sesuai  Al Qur'an surah Al an'am ayat 160 bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas sepuluh kali lipatnya. 
 
Puasa syawal sebagai tanda diterimanya puasa Ramadhan. Sebagai salah satu ciri diterimanya amal ibadah adalah konsisten melakukan ibadah yang lain setelah ibadah pertama selesai. 
 
Puasa syawal sebagai bukti tanda syukur seorang hamba karena telah memperoleh anugerah dari Allah SWT di bulan Ramadhan berupa ibadah-ibadah yang bisa dijalani dalam keadaan sehat dan tenang. 
 
Puasa syawal menjadi tanda konsistensi ibadah seseorang setelah bulan Ramadhan yang bukan berarti terputus setelah Ramadhan berakhir. 
 
Hukum puasa syawal
 
Hukum puasa enam hari syawal adalah sunnah seperti halnya puasa Senin-Kamis sehingga umat Islam tidak wajib menjalankannya. Namun bagi yang menjalankannya akan mendapatkan keutamaan-keutamaaan seperti yang telah disebutkan. 
 
Hukum puasa syawal berubah menjadi makruh apabila dikerjakan dalam keadaan masih punya hutang puasa Ramadhan yang diakibatkan udzur. 
 
Hukum puasa syawal berubah menjadi haram apabila dikerjakan dalam keadaan tidak menunaikan puasa Ramadhan dalam keadaan tanpa udzur apapun. 
 
Niat puasa syawal 
 
Adapun niat lafadz puasa syawal yaitu; 
Nawaitu shouma ghodin an ada'i sunnata sittatin min syawal ini lillahita'ala
 
Artinya: saya niat puasa enam hari di bulan syawal esok hari karena Allah ta'ala. 
 
Ketentuan puasa syawal
 
Puasa syawal enam hari dilaksanakan mulai tanggal 2 syawal atau satu hari setelah idul fitri. 
 
 
Ditahun ini, 1 syawal jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 maka puasa syawal dapat dikerjakan mulai hari Selasa, 3 Mei 2022. 
 
Puasa syawal tidak harus dilakukan enam hari berturut-turut, namun bisa diloncat dengan memastikan jumlahnya enam hari. ***

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X