Panduan Amalan dalam Pemanfaatan Waktu dan Kesempatan Pada Bulan-Bulan Islam Sesuai Tuntunan Rasulullah

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:31 WIB
panduan amalan di bulan-bulan Islam ( Foto Tangkapan Layar Youtube Pikiran Rakyat)
panduan amalan di bulan-bulan Islam ( Foto Tangkapan Layar Youtube Pikiran Rakyat)

SurabayaNetwork.id - Panduan amalan dalam pemanfaatan waktu dan kesempatan pada bulan-bulan Islam sesuai tuntunan Nabi Muhammad Saw mutlak perlu dikenalkan pada kaum muslimin. Karena banyak yang di antaranya lebih hafal bulan masehi daripada bulan hijriyah,  dan amalan utama di dalamnya belum belum banyak diketahui.

Panduan amalan dalam pemanfaatan waktu ini perlu disyiarkan agar ajaran Islam pada bulan-bulan Islam tidak tertutupi oleh agenda-agenda pada bulan masehi.

Panduan ini diharapkan dapat memperkuat iman umat Islam dan menambah pahala bagi kaum muslimin karena adanya panduan amal pada bulan-bulan utama di bulan-bulan Islam (hijriyah).

Berikut ini adalah panduan amalan dalam pemanfaatan waktu dan kesempatan pada bulan-bulan Islam sesuai tuntunan Rasulullah, sebagaimana dipaparkan oleh Jasiem  M. Badr Al-Muthowi’ dalam bukunya Efisiensi Waktu (Surabaya, Risalah Gusti, 1993, hal.12-15):

Baca Juga: 3 Amalan Doa yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Sujud Shalat, Salah Satunya Minta Wafat Husnul Khatimah

1. Waktu: Bulan-bulan Haram (Rajab, Dzulqa’idah, Zulhijjah dan Muharam)

Amalan: Puasa

Dalilnya: rasul saw. bersabda “puasalah pada bulan-bulan haram dan tinggalkanlah (diulang oleh beliau sebanyak 3 kali. Beliau bersabda sambil menutup ketiga jarinya kemudian membukanya.” (H.R. Ahmad dan Abu Daud)

2. Waktu: Bulan Sya’ban

Amalan: Puasa

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X