Bagaimana Melaksanakan Sujud Tilawah? Simak Bacaan, Tata Cara, serta Waktu Pelaksanaannya

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 08:34 WIB
sujud tilawah dan pelaksanaannya
sujud tilawah dan pelaksanaannya

SurabayaNetwork.id - Terdapat suatu amalan yang kerap dikerjakan oleh umat Islam, yakni sujud tilawah.

Namun tidak sedikit umat Islam belum memahami bagaimana dan kapan waktu pelaksanaan sujud tilawah yang sebenarnya.

Diketahui bahwa terdapat beberapa sujud yang sering umat Islam lakukan di antaranya sujud syukur,  sujud sahwi, serta sujud tilawah.

Dikutip dari berbagai sumber, dijelaskan yang dimaksud dengan sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika mendengar ayat Ai-Quran.

Baca Juga: 3 Amalan Doa yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Sujud Shalat, Salah Satunya Minta Wafat Husnul Khatimah

Ini dilakukan ketika Anda melakukan sholat ataupun tidak, dan secara tidak sengaja mendengarkan seseorang membaca penggalan dari Surah Al-Quran yang termasuk ayat sajdah.

Ketika mendengar bacaan atau penggalan ayat sajdah, seseorang yang paham akan melakukan sujud tilawah. Sujud hukumnya sunnah.

Sementara ayat sajdah adalah ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran yang bila dibaca disunnahkan bagi yang membaca dan mendengarnya untuk melakukan sujud tilawah.

Surat itu antara lain surah Al-A’raf ayat 206, Ar- Ra’du ayat 15, An-Nahl ayat 49-50, Al Isra ayat 49-50, Maryam ayat 58, Al-Hajj ayat 18, Al-Furqan ayat 60, An Naml ayat 25-26, Fushilat ayat 38.

Selain itu, ciri-ciri dari ayat sajdah adalah ada kata sujud seperti “sujjada”, “Yasjudu”, “nasjudu”, “lahumusjudu” atau “fasjudu,” dalam setiap penggalan ayat, dalam setiap surat memiliki arti tentang kebesaran Allah, serta memiliki tanda yang tertera di ayat tersebut, seperti sebuah kubah.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X