Penyebab Sapi Hewan Kurban Mengamuk Ketika Akan Disembelih

- Senin, 20 Juni 2022 | 08:12 WIB
Penyebab Sapi Hewan Kurban Mengamuk Ketika Akan Disembelih
Penyebab Sapi Hewan Kurban Mengamuk Ketika Akan Disembelih

SurabayaNetwork.id - Sudah sering kita menyaksikan, hewan kurban yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha tiba- tiba mengamuk.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjinakkan hewan kurban seperti ini, mulai dari cara kontroversi seperti ditembak mati dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu telah ditemukan berbagai macam tips bagaimana menjinakkan hewan agar tidak mengamuk saat akan disembelih.

Dokter Hewan (drh) Tikno dosen Fakultas  Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) University melalui  videonya juga viral, menjelaskan bagaimana  tips memperlakukan hewan kurban.

Baca Juga: Ingin Mengetahui Berat Daging Seekor Sapi Kurban? Ini Cara Menghitungnya

Dikutip dari berbagai sumber, drh Tikno menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan ialah posisi penyembelih berada disebelah kiri hewan kurban yang akan dipotong. Kemudian badan penyembelih dihadapkan ke arah hewan yang akan disembelih.

Melalui akun instagram @infia_fact drh Tikno menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan ialah posisi si penyembelih berada disebelah kiri hewan kambing atau domba. Lalu, badan penyembelih dihadapkan ke arah hewan yang akan disembelih.

Kemudian penyembelih membungkukkan badannya dan dalam posisi merangkul atau memeluk hewan kurban.

Posisi tangan kiri merangkul bagian leher seraya memegang kaki kiri bagian depan. Sementara untuk  tangan kanan berada di bagian perut hewan kurban sambil memegang kaki kiri bagian belakang.

Baca Juga: Inilah Tuntunan Menyembelih Hewan Kurban, Lengkap Doa, Niat Hingga Tata Caranya

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X