Tips Agar Padi Mengeluarkan Buah Berbobot, Berikut Ulasanya

- Senin, 20 Juni 2022 | 13:40 WIB
Tips Agar Padi Mengeluarkan Buah berbobot, Berikut Ulasanya
Tips Agar Padi Mengeluarkan Buah berbobot, Berikut Ulasanya



SurabayaNetwork.id - Siapa yang tidak senang bagi para petani apabila tanaman padinya berbuah lebat dan kualitas bagus. Ada tips agar padi bisa mengeluarkan buah yang berbobot.

Bagaimana cara agar pengisian bulir padi berbobot atau bernas sampai pangkal terisi semua?, ini adalah pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para petani, khususnya petani padi.

Menginjak masa pengisian padi dimana saatnya perlakuan khusus yang harus di berikan, dengan harapan produksi padi bisa maksimal.

Baca Juga: Cara Mengolah Daging Agar Terhindar Dari Penyakit PMK, Berikut Ulasanya


Ada beberapa tips yang harus di lakukan oleh petani padi hingga menuai hasil yang bagus.

1. Pemenuhan Kebutuhan Unsur Hara

Salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan bagi tanaman padi khususnya adalah terpenuhinya unsur hara dengan baik.
pemenuhan unsur hara ini alangkah lebih baiknya  dilakukan  sejak dini sebelum padi ditanam.

Selain itu juga fungsi unsur hara sekaligus pengendalian organisme hama pengganggu tanaman (OPT) secara tepat. Dengan itu InsyaAllah pengisian bulir padi akan  terisi secara optimal.

2. Pemberian Unsur Kalium Dan Kalsium

Selain unsur hara, nutrisi penting yang paling berpengaruh adalah  kalium dan kalsium, unsur ini sangat di butuhkan pada tanaman padi, yaitu berpengaruh pada pengisian bulir padi.

Kalium berperan dalam menjamin ketahanan dan kekuatan tanaman, merangsang pertumbuhan akar, dan meningkatkan kualitas bulir padi.

Sementara kalsium adalah sebagai pengatur metabolisme ketersedian hara dalam tanaman.

3. Penyemprotan

Padi yang sudah tumbuh baik dan mencapai usia keluar buah, maka padi perlu adanya penyemprotan. Bagaimana cara penyemprotan yang tepat?,

Ada cara dimana  padi  organik dengan varietas MENTIK SUSU yang sudah menginjak  fase pengisian bulir padi, maka disaat itu yang harus dilakukan adalah penyemprotan pupuk organik cair.

Selain itu sekaligus berfungsi sebagai hormon gibrilin dan  sitokinin ditambah dengan  agens hayati untuk pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).
Selamat mencoba semoga bermanfaat. ***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X