Begini Hukum Qurban Idul Adha dengan Menyerahkan Uang, Sah atau Tidak?

- Rabu, 22 Juni 2022 | 16:34 WIB
hukum kurban idul adha dengan uang
hukum kurban idul adha dengan uang

SurabayaNetwork.id – Dalam ilmu fiqih, kurban adalah penyembelihan hewan tertentu pada hari raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah dengan niat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta‘ala.

Lantas bagaimana hukumnya jika seseorang berkurban dengan menyerahkan uang bukan hewan kurban? Apakah sah atau tidak?

Dalam buku ‘Islam itu Mudah’ Fiqih Kontemporer Edisi 2 karya Prof Dr H Ahmad Zahro MA yang dirilis 2014, dijelaskan bahwa seseorang yang berkurban menggunakan uang tidaklah sah.

Baca Juga: Sebelum Menyembelih Hewan Qurban, Perhatikan Adab-adab ini

Dalam hadits shahih disebutkan:

“Tidak ada amal keturunan Adam yang lebih disukai Allah Subhanahu wa Ta‘ala pada hari Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sungguh hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulunya. Dan sungguh darah hewan kurban itu dulu tercurah karena Allah Subhanahu wa Ta‘ala sebelum ia tercurah ke bumi, yang membuat jiwa menjadi senang.” (HR at-Turmudziy)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berkurban dengan menyembelih dua ekor domba pada setiap hari Raya Idul Adha, satu untuk beliau sendiri dan satu lagi diniatkan bagi umatnya. (HR al-Jama’ah)

Jadi, baik secara historis, teoritis maupun praktis, yang disebut kurban adalah menyembelih hewan kurban. Hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban yaitu unta, sapi/kerbau, domba atau kambing.

Jabir bin Abdullah, salah seorang sahabat Nabi dari kaum Anshar mengatakan: “Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyah, seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang” (HR Muslim). Sedang domba atau kambing hanya berlaku untuk satu orang per ekornya.

Di samping itu, hewan yang dipergunakan kurban juga harus tidak cacat, tidak sakit, tidak kurus dan telah mencapai umur tertentu (domba 1 tahun, kambing 2 tahun, sapi/kerbau 2 tahun dan unta 5 tahun).

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X