9 Pohon Dengan Mitos Angker, Begini Cara Menetralisirnya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:26 WIB
pohon dengan mitos angker
pohon dengan mitos angker

SurabayaNetwork.id - Indonesia negara yang kaya akan budaya dan mitos, budaya yang khas membuat Indonesia terkenal dengan berbagai kepercayaan yang dianut masyarakatnya. Termasuk kepercayaan tempat tinggal hantu di pohon angker.

Masyarakat Indonesia mempercayai pohon-pohon besar menjadi sarang makhluk halus atau hantu. Indonesia berada di iklim tropis membuat banyak pohon bisa tumbuh dengan cepat dan lebat meski minim perawatan.
 
Beberapa pohon-pohon ini seringkali dihindari banyak orang karena mitos yang berkembang.
 
Inilah daftar pohon yang menjadi momok banyak orang karena dipercaya menjadi sarang hantu dan makhluk halus lainnya.
 
  1. Pohon beringin
  2. Pohon asam jawa
  3. Pohon pisang
  4. Pohon bambu
  5. Pohon ara
  6. Pohon kapuk
  7. Pohon sukun
  8. Pohon gayam
  9. Pohon ketapang
Menurut berbagai sumber pohon tersebut diatas memiliki aura negatif yang membuat orang menghindar untuk menanamnya, padahal secara khusus setiap pohon memiliki keunikan dan manfaat yang berbeda dari tiap jenisnya.
 
Secara logis tanaman yang dikatakan berhantu ini cenderung merupakan pohon dengan struktur yang bagus dan mampu menahan hawa panas sengatan matahari karena dahan dan daunnya yang rindang.
 
Cara menetralisir tanaman ini agar tidak dianggap berhantu sangat mudah berikut ini tipsnya.
 
1. Pangkas secara berkala, kesan angker akan berkurang karena penampilan pohon yang rapi
 
2. Pasang penerangan yang cukup, kesan pohon angker semakin menjadi jadi ketika sekeliling pohon dibiarkan gelap di malam hari
 
3. Jangan sandingkan pohon besar dengan tanaman yang rambat, karen tanaman rambat ini akan membuat pohon terlihat makin rimbun
 
4. Rawat dengan seksama kondisi sekitar pohon, jangankan pohon besar yang rimbun. Tanaman rumput kecil yang dibiarkan tidak terawat juga akan memberi kesan angker.
 
Kebanyakan mitos berkembang di masyarakat perihal pohon angker hanya karena penampilan pohon tersebut yang cenderung seram. Seperti sulur dari pohon beringin atau daun pisang kering yang masih menempel di dahan.
 
Daun pisang kering akan lunglai di samping pohonnya dan akan melambai ketika ditiup angin, jika terjadi di malam hari hal ini yang sering dikira sebagai tangan kuntilanak atau anak tuyul.
 
 
Semua jenis tanaman dibiarkan liar akan timbul kesan angker, namun jika tanaman tersebut dirawat secara berkala kesan angker akan berkurang. Jangan takut dengan mitos yang berkembang karena mitos tidak selamanya logis.***
 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X