Apa Perbedaan Santet dan Voodoo? Berikut Sejarah dan Penjelasannya

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:51 WIB
Perbedaan santet dan voodoo
Perbedaan santet dan voodoo

SurabayaNetwork.id - Banyak orang salah mengira santet dan voodoo adalah sihir yang sama. Ada beberapa teori di masyarakat yang salah kaprah dengan hal itu.

Voodoo dan santet selalu dikaitkan dengan adanya boneka sihir yang mampu mengontrol seseorang dari jarak jauh dengan cara melakukan beberapa ritual.

Nyatanya tidak semua santet selalu berurusan dengan boneka, beberapa santet membutuhkan media lain seperti baju, jimat, bunga, dll. Sedangkan voodoo adalah hal lain yang sangat jauh kaitannya dengan sihir hitam.
 
 
Santet merupakan upaya untuk menyakiti orang lain naik dengan ritual sendiri atau melalui bantuan orang lain (dukun) Ritual santet senantiasa menggunakan sihir hitam dengan sengaja dilakukan karena beberapa motif seperti benci, dendam, asmara, saingan dalam pekerjaan dan lain sebagainya.
 
Voodoo merupakan salah satu agama yang ada di afrika yang memiliki banyak pengikut. Vodou (berarti "roh" atau "dewa" dalam bahasa Fon dan Ewe di Afrika Barat) adalah campuran (sinkretisme) dari tradisi agama Afrika dan Katolik.
 
Di Amerika Serikat, upacara keagamaan Vodou sering dilakukan dalam pengaturan kelompok pribadi di mana roh bermanifestasi dalam penyembah melalui sebuah proses.
 
Apa itu ritual voodoo? Aktivitas ritual Vodou biasanya di lakukan dalam seubuah upacara yang melihbatkan berbagai doa, lagu, tarian, dan gerakan. Hal ini ditujukan untuk memperbaiki dan memulihkan keseimbangan dan energi dalam hubungan antara orang-orang dan antara orang-orang dan roh-roh dunia gaib.
 
Dilansir dari dictionary.cambridge.org, Voodoo adalah agama, dan agama ini muncul dipengaruhi oleh agama tradisional Afrika, yang didalamnya melibatkan sihir dan upaya untuk berkomunikasi dengan roh dan orang mati, agama voodoo umum di beberapa bagian Karibia, terutama Haiti, dan di bagian selatan Amerika Serikat.

Sekitar setengah dari populasi Haiti diperkirakan mempraktikkan voodoo dalam beberapa bentuk, meskipun banyak yang mengikuti kepercayaan agama lain pada saat yang sama.
 
 
Bagaimana, Voodoo dan santet sangat jelas merupakan dua hal yang sangat jauh berbeda. Namun fenomena yang dikenal masyarakat luas seringkali menyebutkan dua hal ini adalah sihir hitam yang sama.***
 
 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.
 

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X