Keutamaan Dibalik Qobliyah Subuh, Lebih Baik Dari Dunia Seisinya

- Senin, 27 Juni 2022 | 10:37 WIB

SurabayaNetwork.id - Sholat sunnah 2 rakaat sebelum subuh dijanjikan Allah lebih baik daripada dunia seisinya apakah makna sebenarnya.

Salat sunnah sebelum subuh, biasa disebut qobliyah subuh salat ini juga dikenal dengan salat fajar, pelaksanaaan qobliyah subuh sangat dianjurkan oleh Nabi.
 
Termaktub dalam H.R. Bukhari 1182, Nabi Muhammad SAW tak pernah meninggalkan empat rakaat Qobliyah Zuhur dan dua rakaat Qobliyah Subuh.
 
 
Nabi Muhammad SAW bersabda:
 
"Dua rakaat fajar (salat sunah sebelum subuh) itu lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim)
 
Selain itu manfaat dari qobliyah subuh atau salat fajar adalah 
 
1. Mendapatkan pahala.
 
2. Mendapatkan ketenangan dan pikiran sebelum menjalani hari tersebut. 
 
3. Mendapatkan syafaat dan pertolongan dari Allah ketika di akhirat.
 
4. Adalah mendapatkan berkah dalam kehidupan
 
5. Dimudahkan oleh Allah dalam segala urusan.
 
Sedangkan manfaat lain dari dua rakaat qabliyah subuh ini baik untuk kesehatan mental. Salah satunya adalah Anda lebih siap mengawali hari. Jadi ketika Anda bangun pagi kemudian mengambil air wudhu dan melakukan salat sunnah 2 rakaat lalu lanjut menunggu waktu subuh tiba maka Allah akan mengabulkan doa-doa di pagi itu.
 
Secara fisik dan mental orang yang terbiasa bangun pagi sudah siap untuk menjalani hari-hari dan dipastikan hari yang akan dilalui lebih terorganisir.
 
 
Dilansir dari laman Alhidayahdepok.com yang dimaksud dengan dua rakaat di sini adalah shalat sunat Qobliyah Subuh dua rakaat bukan semata mata sholat wajib Subuh, hal ini karena hadis ini tersimpan pada bab sholat sholat sunat (Annawafil) artinya saking besarnya pahala sholat sunat ini digambarkan sampai lebih dari dunia dan isinya.
 
Dari hadis di atas Rasulullah Shallallahu alaihissalam dan para shahabatnya tidak pernah berani meninggalkan dua rakaat fajar ini karena mereka sudah menganggap sebuah kewajiban.***

 

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X