Khanzab, Jin Setan Spesialis Mengganggu Orang Sholat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 05:59 WIB
setan khanzab mengganggu orang shalat
setan khanzab mengganggu orang shalat
SurabayaNetwork.id - Berbagai setan mengganggu umat manusia mulai dari baru lahir hingga akhir hayat. Diantara banyak setan tersebut terdapat satu nama yaitu Khanzab dalam beberapa riwayat jin ini juga disebut sebagai Khinzib.
 
Jin Khanzab bertugas mengganggu sholat agar tidak fokus dan merasa was-was atau ragu-ragu, kadang jin ini juga mengingatkan tentang sesuatu yang dilupakan. Kadang saat sholat tiba-tiba ingat kunci yang tadi dicari-cari, dalam sholat tiba-tiba ingat jemuran, kadang jin ini membuat seseorang lupa akan rakaat sholat.
 
Pernahkah tiba-tiba ingin kentut sesaat setelah wudhu? Ternyata jin ini adalah biang keroknya. Jika ingin kentut setelah wudhu ucapkan saja kalimat taawudz  "Audzu billah himinasy syaitonirrojim" yang artinya aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang  terkutuk. Dengan izin Allah swt gangguan akan hilang.
 
 
Ini adalah daftar gangguan Khanzab yang biasa muncul dalam sholat.
 
1. Lupa jumlah rakaat
2. Tiba-tiba ngantuk atau menguap saat shalat
3. Tiba-tiba ingat sesuatu yang ditinggalkan
4. Ingin kentut sesaat setelah wudhu, atau ragu-ragu terhadap diri sendiri antara berhadas atau tidak
5. Salah membaca doa sholat atau salah membaca surah

Ada sebuah kisah di zaman rasul yaitu seorang sahabat Rasulullah yang mengadukan gangguan yang dialami ketika shalat. Kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah kekiri tiga kali”. Kemudian Ustman berkata, “ Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim. No. 2203).


Rasulullah saw bersabda, “Apabila azan dukumandangkan, setan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muazzin telah selesai azan, ia kembali lagi mendekati manusia. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari kembali sejauh mungkin. Apabila  selesai iqamat setan kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat” (HR Bukhari)

 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X