Cara Agar Shalat Khusyu Berdasarkan Hadits Rasulullah

- Selasa, 28 Juni 2022 | 07:59 WIB
cara agar shalat khusyu
cara agar shalat khusyu

SurabayaNetwork.id - Setiap umat Islam dalam mengerjakan shalat berharap dari niat sampai salam bisa khusyu. 

Khusyu dalam mengerjakan shalat seharusnya konsentrasi menghadap kepada Allah Dzat Maha Agung dengan memahami dan menghayati pada setiap gerakan, bacaan di dalam shalat. 

Inilah cara agar shalat bisa khusyu yang ajarannya berdasarkan dari hadits Rasulullah. Salah satu caranya ada dalam hadits di bawah ini.

Baca Juga: Niat Tahajud, Lengkap Dengan Waktu dan Doa Setelah Shalat

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits artinya, ”Jika kalian shalat janganlah menoleh sebab Allah senantiasa menghadapkan wajahNya ke wajah hambaNya yang sedang shalat selama tidak menoleh.” (HR Tirmidzi dan disahihkan al Albani) 

Diunggah dari Youtube Yufid TV Pengajian dan Ceramah Islam Channel, judul “Tata Cara Shalat yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap, Sholat Khusyu,”

1. Melihat ke tempat sujud dan menghindari pada sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi sholat.

“Pada saat Rasulullah melakukan shalat beliau menundukkan kepalanya dan mengarahkan pandangannya ke tanah.” (HR Al Baihaqi dan disahkan Al Albani)

“Beliau Rasulullah melarang orang yang shalat sambil melihat ke atas.” (HR Bukhari)

Rasulullah juga memberikan nasihat yang tegas, sebagaimana dalam hadits artinya, ”Hendaknya orang-orang berhenti melihat ke atas pada saat shalat atau matanya tidak dikembalikan lagi kepada mereka. Pada riwayat lain disebutkan,”Atau matanya akan dicopot.” (HR Bukhari)

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X