Inilah Panduan Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah: Dalil, Faedah, dan Niat Mengerjakannya

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:12 WIB
Panduan Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah
Panduan Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

SurabayaNetwork.id - Secara bahasa, Tarwiyah berarti “merenung’ atau “berpikir”. Istilah ini terkait dengan peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS. Pada malam ke 8 bulan Dzulhijjah Nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah menyembelih putranya Ismail.

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah pada tahun penanggalan Islam.

Puasa Tarwiyah ini biasanya dilakukan sebelum puasa Arafah di di hari berikutnya. Jadi  biasanya umat Islam melakukan  puasa Tarwiyah dan Arafah secara berkelanjutan yaitu 8 -9 Dzulhijjah.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Pidato Tentang Puasa Sunah Arafah, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Berikut ini penjelasan mengenai puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah sebagaimana ditulis Efri A Al- Bakary dalam bukunya Panduan Puasa Terlengkap (Jakarta: Erlangga, 2002, hal. 115-118):

1. Dalil Puasa Tarwiyah

“Tidak ada perbuatan  yang lebih disukai oleh Allah  SWT  daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah! Walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walaupun jihad pada jalan Allah, kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi sahid).” (HR. Bukhari)

“Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa)  dua tahun.” (HR. Imam Dailani).

“Ada empat macam yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu puasa  Asyura (10 Muharram), puasa sepuluh hari (di bulan Dzulhijjah), puasa tiga hari pada setiap bulan dan melakukan shalat dua rakaat sebelum  shalat subuh.” (HR. Ahmad dan An-Nasai).

Baca Juga: MasyaAllah, Puasa Arafah 9 Dzulhijjah yang Pahalanya Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan yang Akan Datang

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X