Salah satu Alasan Kenapa Wanita Haid Dilarang Berpuasa, Berpotensi Serangan Anemia Akut

- Rabu, 29 Juni 2022 | 06:48 WIB
alasan kenapa wanita haid dilarang berpuasa
alasan kenapa wanita haid dilarang berpuasa

SurabayaNetwork.id - Datang bulan sering disebut sebagai haid atau mensturasi, merupakaan kegiatan rutin seorang wanita dewasa setiap bulannya.

Rata-rata wanita mengalami haid atau mensturasi sekali dalam sebulan atau biasanya selang 28 hari, namun di situasi tertentu, haid seorang wanita kadang cepat ataupun bisa lambat.

Dalam Islam, wanita yang mengalami haid dilarang melaksanakan puasa.

Di samping itu larangan melakukan puasa saat haid juga mempunyai tujuan tertentu bagi kesehatan seorang wanita.

Baca Juga: Salah Satu Larangan Wanita Muslim yang Sedang Haid adalah Mendirikan Sholat, Simak Penjelasannya!

Dikutip dari berbagai sumber dijelaskan, bahwa terkait dengan persoalan haid benar-benar berhubungan dengan seoang wanita yang melaksanakan puasa, sebagaimana disebutkan di dalam Al Qur’an.

Larangan puasa bagi perempuan haid tidak disebutkan dengan jelas dalam Al-Qur’an surat Al- Baqarah ayat 184-185. Namun umat Islam bisa melihat aturan ini dalam hadits yang dinarasikan Aisyah RA yang artinya:

“Kenapa gerangan wanita yang haid mangqadha puasa dan tidak mengqqadha sholat?” Maka Aisyah menjawab, “Apakah kamu dari golongan Haruriyah?” Aku menjawab, “Aku bukan Haruriyah,” akan tetapi hanya bertanya. Dia menjawab, “Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mangqadha’ puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha’ sholat.” (HR Muslim)

Beberapa klinis, bahkan sangat menyarankan, kalau wanita yang sedang haid perlu jaga konsumsi gizi makanan yang berada di dalam badannya serta menjaga  kesehatan fisiknya, demi menjaga kadar emosi yang turun naik serta serangan anemia.

Pendarahan yang banyak akan menyebabkan logam (magnesium, zat besi) akan terbuang percuma, dilain sisi zat-zat itu sangat dibutuhkan dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X