Mengenal Apa Itu BIAN MR Yang dilaksanakan serempak di bulan Agustus 2022

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Ada 2 Penolong di Hari KIamat yang Bersumber dari Hadits Rasulullah
Ada 2 Penolong di Hari KIamat yang Bersumber dari Hadits Rasulullah

SurabayaNetwork.Id - BIAN adalah singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional sedang MR adalah Measles Rubella. BIAN merupakan salah satu upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi yang terjadi 2 tahun sebelumnya

BIAN dilaksanakan selama satu bulan, secara terus menerus dan bertahap merata seluruh provinsi Indonesia. Tahap pertama dilaksanakan mulai Mei 2022 di seluruh provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tahap kedua dilaksanakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali.

BIAN pemberian imunisasi tambahan berupa vaksin Campak-Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat karena pandemi. Program ini dibuat oleh pemerintah sebagai upaya KEMENKES menutup kesenjangan imunitas anak juga dengan melakukan pemerataan imunisasi tambahan seperti MR (campak-rubella) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib).

Baca Juga: Ada 2 Penolong di Hari Kiamat yang Bersumber dari Hadits Rasulullah

Dikutip dari Instagram @kemenkes_ri, Program Imunisasi Anak Nasional ini secara detail terbagi menjadi dua tahap, yakni:

1. Tahap Pertama Imunisasi Anak Nasional Tahap Pertama diselenggarakan pada bulan Mei 2022. Adapun wilayah pelaksanaannya adalah di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 2. Tahap Kedua Imunisasi Anak Nasional Tahap Kedua dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Wilayah sasaran dari program imunisasi tahap kedua ini adalah Pulau Jawa dan Provinsi Bali.

2. Tahap Kedua Imunisasi Anak Nasional Tahap Kedua dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Wilayah sasaran dari program imunisasi tahap kedua ini adalah Pulau Jawa dan Provinsi Bali.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam mensukseskan BIAN, diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.***


Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X