Pengertian Puasa Tasu'a Pada Bulan Muharram, Berikut Ulasanya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:09 WIB
Pengertian Puasa Tasu'a Pada Bulan Muharram, Berikut Ulasanya
Pengertian Puasa Tasu'a Pada Bulan Muharram, Berikut Ulasanya



SurabayaNetwork.id - Puasa tasu'a yaitu puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9  bulan Muharram, lalu apa pengertian dari puasa tasu'a?, berikut pengertian puasa tasu'a.

Puasa tasu'a memiliki makna dan sejarah penting baik sisi pahala maupun asal usul perintah dilaksanakanya puasa tersebut.

Bagi umat muslim tentunya sudah tidak asing lagi dengan  puasa sunnah tasu'a, yang dilaksanakan setahun hanya sekali yakni tanggal 9 Muharram.

Baca Juga: Puisi 'Aku Tulis Pamplet Ini' Karya WS Rendra, Cocok Dibacakan dalam Memeriahkan HUT RI ke-77

Puasa tasu'a walaupun satu tahun sekali, puasa tasu'a ini memiliki pahala kemuliaan dan pahala yang agung.

Lalu apa pengertian puasa tasu'a itu sendiri?. Dikutip SurabayaNetwork.id dari beberapa sumber berikut pengertian puasa tasu'a.

Tasu'a berasal dari kata tis'ah yang artinya sembilan. Sedangkan puasa tasu'a sendiri mengandung pengertian yakni puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 bulan Muharram mengiringi puasa asyura 10 Muharram.

Adapun sejarah diperintahkanya puasa tasu'a ialah pada saat rasulullah melaksanakan puasa asyura dan para sahabat juga diperintahkan untuk melakukanya, para sahabat lantas berkata, ya rasulullah, sesungguhnya pada tanggal 10 Muharram adalah hari yang diagungkan oleh orang yahudi dan nasrani.

Lalu Rasulullah bersabda,  jika datang tahun depan kita akan puasa pada tanggal 9 Muharram.

Namun pada tahun berikutnya sebelum bulan Muharram Rasulullah sudah wafat.

Demikianlah sejarah diperintahkanya puasa Tasu'a, sebuah niat atau perintah Rasulullah namun belum terlaksana. ***

update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X