Puasa Asyura 10 Muharram Tanggal Berapa? Ini Penjelasan Lengkap dan Anjuran Rasulullah SAW

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:11 WIB
puasa asyura tanggal berapa
puasa asyura tanggal berapa

SurabayaNetwork.id- Sesuai kalender Hijriah, saat ini kita sudah berada di bulan Muharram tahun 1444 Hijriah.

Seperti diketahui bahwa  bulan Muharram ini bukan hanya perayaan Tahun Baru Islam yang ada di dalamnya, tetapi terdapat hari yang istimewa dan diutamakan untuk menjalankan amalan yang baik yakni puasa Asyura.

Namun diakui bahwa, masih banyak di antara kita umat Islam belum mengetahui  bahwa tanggal 10 Muharram di kalender Hijriah itu jatuh pada tanggal berapa di kalender Masehi.

Baca Juga: Pengertian Puasa Tasu'a Pada Bulan Muharram, Berikut Ulasanya

Merujuk dari SKB 3 Menteri penetapan Tahun Baru Islam 2022, tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 30 Juli 2022, maka tanggal 10 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 8 Agustus 2022.

Dikutip dari berbagai sumber, disebutkan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk  umat Islam  di tanggal 10 Muharram, adalah melaksanakan puasa atau lebih dikenal sebagai puasa Asyura.

Puasa Asyura adalah salah satu amalan yang memiliki keistimewaan sebagai puasa utama setelah puasa Ramadan.

Meskipun puasa Asyura tergolong sunnah artinya kalau dilaksnakan akan mendapatkan pahala, namun kalau ditinggalkan tidak berdosa. Namun  puasa Asyura sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat Islam.

Kemudian Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan puasa Asyura yakni shaum hari kesepuluh dari bulan Muharram di tambah dengan shaum sehari sebelumnya atau sesudahnya.

Puasa sehari sebelumnya itu dinamakan Tasu’a, berasal dari kata tis’a yang artinya sembilan, karena puasa Tasu’a dilakukan pada tanggal 9 di bulan Muharram.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X