Pengertian Puasa Asyura Beserta Fadhilahnya, Puasa Sunnah pada 10 Muharram

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Pengertian Puasa Asyura Beserta Fadhilahnya, Puasa Sunnah pada 10 Muharram
Pengertian Puasa Asyura Beserta Fadhilahnya, Puasa Sunnah pada 10 Muharram

SurabayaNetwork.id - Puasa Asyura adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram, berikut pengertian puasa Asyura beserta fadhilahnya.

Puasa Asyura memiliki makna penting dan pahala yang istimewa. Sebab puasa Asyura adalah salah satu puasa yang diperintahkan langsung oleh nabi kita Muhammad SAW.

Selain menjadi hari di perintahkanya puasa sunah bagi umat Islam, Puasa Asyura juga sebagai hari mulia bagi bangsa Yahudi.

Baca Juga: Trans Icon Mall Diresmikan, Khofifah Optimistis Bakal Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Jatim

Sebagai hari yang mulia atau istimewa bangsa yahudi juga melaksanakan puasa Asyura tersebut. Sebagai bentuk penghormatan atas kemengan nabi musa atas Fir'au.

Dikutip SurabayaNetwork.id dari berbagai sumber berikut pengertian puasa Syura beserta Fadhilahnya.

Puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. P

Diriwayatkan dalam sebuah hadits nabi.
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Rasulullah juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X