Hukum Merayakan Maulid Nabi Menurut Ulama

- Rabu, 21 September 2022 | 23:25 WIB
Ini Alasan dari Ulama Mengapa Harus Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
Ini Alasan dari Ulama Mengapa Harus Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

SurabayaNetwork.id - Perdebatan tentang hukum Maulid Nabi seperti tidak ada habisnya. Ada sebagian yang menghukumi sunnah. Namun bahkan ada yang membid'ahkan.

Di Indonesia, yang mayoritas pendudukannya mengantut agama Islam, perayaan maulid nabi, merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Sebab pada tanggal 12 Rabiul Awal 571 Masehi adalah hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW.

Berdasarkan kalender Masehi Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 jatuh pada tanggal 8 oktober 2022 hari Sabtu.Sedangkan menurut kalender Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1444 H.

Baca Juga: Edarkan Sabu, Penjual Buah di Surabaya Ditangkap

Namun, tahukah Anda hukum perayaan maulid, menurut para ulama? Diriwayatkan dalam kitab Sahih Muslim dari Abdullah bin Umar bin Ash Radiyallahu Anhu, bahwa Umar bin Ash mendengar Rasulullah bersabda:

“Seseorang yang membaca shalawat kepada (Rasululullah) , maka Allah juga bershalawat (memberikan rahmat) kepadanya sebanyak sepuluh kali.”

Ibnu Taimiyah dalam kitab Iqtidha’ Shirath al-Mustaqim, menyebutkan,

“Mengagungkan hari kelahiran Nabi r dan menjadikannya rutinitas tahunan telah dilakukan sebagian orang. Dan dalam perayaan tersebut terdapat pahala yang agung, karena tujuan mereka dan mengagungkan Rasulullah” (As-Sirah al-Halabiyah, juz. 1, hal. 83-84)

Dari beberapa pendapat ulama di atas hukum perayaan Maulid Nabi adalah boleh, bahkan sunnah.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X