Khutbah Jumat Singkat, Terbaru Januari Rajab, Dijamin Nggak Bikin Ngantuk Jamaah dan Bisa Langsung Disalin

- Kamis, 26 Januari 2023 | 09:09 WIB
Khutbah jumat bulan rajab (Pexels/Sam Rana)
Khutbah jumat bulan rajab (Pexels/Sam Rana)
SurabayaNetwork.id – Artikel di bawah ini menyajikan teks khutbah Jumat singkat terbaru  Januari 2023 (Rajab), dengan tema Jauh Dari Kegalauan, Dekat Dengan Ketenangan.

Teks khutbah Jumat kali ini membahas tentang manusia yang wajar dilalui galau, dan bisa berkepanjangan. Padahal seharusnya seorang Muslim bisa mengatasi kegalauannya, karena dia beriman kepada Allah Ta’ala.

Semoga naskah khutbah Jumat ini akan sangat bermanfaat bagi para pendengar dan juga akan menjadi pengingat pribadi bagi khatib.
 
Baca Juga: Naskah Khutbah Jum'at Kilat Tapi Menyentuh, Di Jamin Selesai Sebelum Jama'ah Mengantuk

Bagi Anda yang terjadwal menjadi khatib, naskah atau teks khutbah Jumat ini ini akan sangat cocok bagi para jamaah. Karena relate dengan bulan Rajab yang seharusnya meningkatkan amal shalih, juga singkat dan mudah dipahami.

Selain digunakan oleh para khatib, naskah khutbah Jumat terbaru ini bisa dibagikan dicetak atau secara online kepada banyak orang seluas-luasnya, agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Semakin dekat kepada Allah Ta’ala, aamiin.

Teks Khutbah Jumat

Khutbah Pertama


Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه
اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين
أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Hadirin sidang Jumat rahimakumullah,

Ada ulama yang mengatakan, “Ada surga Allah di dunia. Barang siapa yang masuk surga Allah di dunia, pasti masuk surga Allah di akhirat.”

Nah, penjelasan surga dunia adalah mencintai Allah, mengenal Allah, selalu mengingat Allah, selalu tenang dan khusyuk saat beribadah, berdoa dan meminta kepada Allah, menjadikan Allah satu-satunya sebagai cinta sejati yang hakiki, mempunyai sikap takut dan dibarengi sikap harap akan kebaikan Allah Ta’ala, senantiasa bertawakkal kepada Allah, dan menyerahkan semua urusan dunia hanya kepada Allah. (Disarikan dari kitab Al Wabilush Shoyyib, 91-96, Dar Ibnul Jauziy).
 

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah Ta’ala

Tambahan dari Allahuyarham Syaikh Ali Jaber, kita sebagai muslim harus melakukan 4 hal, jika ingin nyaman hidup di dunia, yaitu:

1. Beramal Shalihlah, Karena Amal Shalih Tidak Bisa Diwakilkan.

Kita harus bekerja dan berusaha keras dalam berbuat dan beramal. Karena, kita harus yakin bahwa amal kita tidak bisa atau tidak boleh dilakukan oleh orang lain. Harus kita sendiri yang melakukan.

Kewajiban shalat misalnya, harus dikerjakan oleh setiap muslim. Karena shalat tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Begitu juga mencari nafkah, kita tidak bisa hanya santai dan tidur, lalu berharap ada orang lain yang membawakan rezeki kepada kita setiap hari.

Karenanya, agar hidup nyaman di dunia, kita harus bekerja keras dalam usaha, baik usaha untuk dunia dan juga akhirat kita.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah Ta’ala

Kedua, Meyakini Bahwa Rezeki Telah Ditentukan Oleh Allah SWT.
 
Manusia seringkali takut akan masa depan, khawatir dengan rezekinya. Padahal seekor semut saja tahu bahwa ada rezeki tiap hari untuknya.
 
Karenanya, setiap kita harus meyakini bahwa Allah telah menentukan dengan adil rezeki bagi tiap manusia. Jika Allah telah menentukan rezeki untuk seseorang, maka seseorang yang lain tidak akan bisa mengambilnya.

Kalau mampu meyakini hal ini, maka hidup kita akan tenang. Tidak memikirkan hal yang sudah ditentukan dan dalam kuasa yang menciptakan kita, Allah Ta’ala.

Ketiga, Meyakini Allah Maha Tahu Atas Setiap Apa Yang Dikerjakan.

Dalam asmaul Husna, ada nama Allah yang disebut Al-Alim yang bermakna Allah Ta’ala Maha Mengetahui. Apa yang diketahui oleh Allah? Semuanya!
 
Allah mengetahui apa yang terlihat dari setiap manusia, apa yang dilakukan oleh manusia, dan apa yang tersembunyi di hatinya, yang belum dia lakukan sekalipun.

Al-Alim dalam asmaul husna adalah Allah SWT yang Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.

Sebab Allah mengetahui apa saja yang kita lakukan, yang baik ataupun maksiat, semua Allah tahu. Maka, seharusnya setiap manusia (muslim) memiliki rasa malu kepada Allah.

Tidak sekadar malu, tetapi malu yang membuat kita semakin beriman kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah, alhayau minal iman (malu itu sebagian dari iman).

Jadi, malu yang dimaksud di sini adalah malu yang membuat kita tidak melakukan dosa dan maksiat lagi.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah Ta’ala

Keempat, Meyakini Setiap Makhluk Akan Mati dan Harus Mempersiapkan Diri.
 
Firman Allah Ta’ala yang berbunyi  “kullu nafsin dzaiqotul maut” (setiap yang bernyawa pasti akan mati) itu termaktub dalam tiga surat, yaitu surat Ali Imran, Al-Anbiya dan Al-Ankabut.

Muhammad Abdurrahim Az-Zaini dalam bukunya Filsafat Kematian mengatakan bahwa firman Allah SWT tersebut bertujuan mengingatkan manusia tentang fitrah semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian.

Oleh karena itu, sebagai muslim kita harus menyadari itu. Jika telah sadar maka harus mempersiapkan kematian dengan sebaik mungkin, dengan harapan nantinya akan meninggal dengan keadaan husnul khotimah.
 

Mari kita amalkan, empat hal yang menurut almarhum Syaikh Ali Jaber akan menenangkan hidup kita. Dijauhkan dari galau dan kesedihan, sehingga hidup nyaman di dunia.

جَعَلَنا اللهُ وَإيَّاكم مِنَ الفَائِزِين الآمِنِين، وَأدْخَلَنَا وإِيَّاكم فِي زُمْرَةِ عِبَادِهِ المُؤْمِنِيْنَ : أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمانِ الرَّحِيمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
 باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ.  إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah kedua

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

***
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.
 
 
 

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Teks Pidato Isra' Mi'raj 2023 Singkat

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:02 WIB

9 Amalan Pembuka Pintu Rejeki Beserta Dalilnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:59 WIB
X