Masjid Perut Bumi Tuban, Wisata Religi di Tuban, di Masjid Bawah Tanah Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:25 WIB
    Wisata Religi di Tuban, Masjid Bawah Tanah Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi                            (Foto: Wirawan Dwi/ Surabayanetwork.id)
Wisata Religi di Tuban, Masjid Bawah Tanah Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi (Foto: Wirawan Dwi/ Surabayanetwork.id)


Surabayanetwork.id- Masjid yang satu ini berbeda dengan masjid kebanyakan. Jika masjid lain biasanya identik dengan kubahnya yang menjulang tinggi di langit. Masjid Aschabil Kahfi di Tuban, Jawa Timur ini malah berada di perut bumi.

Berada di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur, bangunan Masjid Aschabul Kahfi cukup menarik perhatian siapa saja yang melintas.

Dari kejauhan, sudah bisa terbaca papan nama yang cukup besar bertuliskan "Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi".

Baca Juga: Trending Kata ‘Sherina’ dan ‘Canon’, Gegara Anjing Mati, Disiksa, Pelakunya Diduga Satpol PP

Wisata Religi di Tuban, Masjid Bawah Tanah Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi (Foto: Wirawan Dwi/ Surabayanetwork.id)

Dari papan nama tersebut saja sudah bisa terlihat betapa uniknya bangunan ini. Sebagai bangunan untuk beribadah, suatu hal yang tidak biasa kala sebuah masjid berada di perut bumi.

Masjid hanya terlihat bagian gerbangnya saja dari luar, bangunan lainnya berada di dalam perut bumi layaknya sebuah gua.

Masjid Aschabul Kahfi sebenarnya memang sebuah gua alami. Dulunya gua ini tidak dimanfaatkan, berbatu, tandus tak terawat, dan penuh sampah.

Baca Juga: Panduan Memilih Menantu Ideal, Jangan Hanya Memilik Fisik

Kemudian KH. Shubhan memiliki ide kreatif untuk mengalihfungsikan gua tersebut sebagai tempat ibadah. Ia sendiri yang mendesain dan mengarahkan semua pembangunan masjid ini.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X