Varian Baru Omicron Bermunculan, FPKS: Apakah PPKM Level 3 Cukup Dilaksanakan Seminggu

- Jumat, 3 Desember 2021 | 04:18 WIB
Varian Baru Omicron Bermunculan, FPKS: Apakah PPKM Level 3 Cukup Dilaksanakan Seminggu (A Toha Almansur)
Varian Baru Omicron Bermunculan, FPKS: Apakah PPKM Level 3 Cukup Dilaksanakan Seminggu (A Toha Almansur)
 

SurabayaNetwork.id - Anggota komisi IX DPR-RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Netty Prasetiyani mempertanyakan apakah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 cukup dilaksanakan selama seminggu, di tengah mulai bermunculannya varian baru covid-19 bernama omicron.

Netty memperingatkan pemerintah tentang potensi lonjakan kasus covid-19 pada akhir tahun nanti. Apalagi saat ini muncul varian baru omicron yang sudah mulai merebak di beberapa negara.

"Varian Omicron sudah terdeteksi di Afrika Selatan, Eropa dan Kanada. WHO menyebut varian ini lebih berbahaya karena berpotensi meluas lebih cepat di bandingkan varian-varian lainnya," ujar Netty dalam keterangan tertulis pada Selasa, 30 November 2021.

Baca Juga: Nama Bu Risma Trending di Twitter Usai Paksa Tunarungu Bicara, Warganet: Memalukan!

Menurutnya, jika pemerintah tidak segera antisipasi, bukan tidak mungkin varian baru omicron akan menyebar di Indonesia.

"Kalau kita tidak segera antisipasi, maka besar kemungkinan varian tersebut akan segera tiba di Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, Netty mengatakan bahwa menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), mutasi yang berada di dalam varian ini membuat virus tidak bisa dikekang dengan respon vaksin atau pada kekebalan tubuh bagi yang pernah divaksinasi.

"Oleh karena itu, saya meminta pemerintah mengetatkan penjagaan dan pemeriksaan di pintu-pintu masuk kedatangan khususnya dari luar negeri. Baik via jalur laut, udara maupun darat," tutur Netty.

Baca Juga: Doa Agar Segera Mendapatkan Anak atau Keturunan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X