Mensos Risma Paksa Tunarungu Bicara, PAN: Apa Yang Dilakukan Tidak Tepat

- Jumat, 3 Desember 2021 | 04:21 WIB
Mensos Risma Paksa Tunarungu Bicara, PAN: Apa Yang Dilakukan Tidak Tepat (twitter@widassatyo)
Mensos Risma Paksa Tunarungu Bicara, PAN: Apa Yang Dilakukan Tidak Tepat (twitter@widassatyo)
 

SurabayaNetwork.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) mengkritik apa yang dilakukan Menteri Sosial, Tri Rismaharini di peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 yang menyuruh seorang penyandang tunarungu berbicara di hadapan publik.

DPP PAN melalui juru bicara (jubir) muda, Siti Maidina, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Risma, yaitu memaksa kelompok disabilitas untuk berbicara adalah hal yang tidak tepat.

"Dengan segala hormat Ibu Mensos Risma, memaksa saudara kita kelompok difabel untuk bicara itu rasanya tidak tepat," ujar Maidina dalam video singkat yang diunggah di akun Twitter resmi DPP PAN pada Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Varian Baru Omicron Bermunculan, FPKS: Apakah PPKM Level 3 Cukup Dilaksanakan Seminggu

Menurutnya orang-orang penyandang disabilitas memiliki cara dan metode sendiri untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Sehingga tidak tepat rasanya jika menyuruh mereka untuk berbicara di depan umum, demi melatih kemampuan berbicara mereka.

"Mereka tentu mampu berkomunikasi tapi tidak dengan cara seperti itu. Meski niat ibu baik, tapi percayalah, caranya tidak seperti itu," ujar Maidina lagi.

"Setiap anak disabilitas memiliki metode  dan caranya sendiri untuk bersosialisasi dan berkomunikasi. Tidak bisa dipaksakan. Dan lebih miris lagi ketika hal itu terjadi, disaksikan di depan banyak orang," lanjutnya.

Lebih lanjut, DPP PAN melalui Siti Maidina memohon empati kepada Mensos Risma untuk saudara-saudara kelompok difabel

Baca Juga: Nama Bu Risma Trending di Twitter Usai Paksa Tunarungu Bicara, Warganet: Memalukan!

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X