Kemenkes: Vaksinasi Booster Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dimulai Awal Februari

- Minggu, 16 Januari 2022 | 05:41 WIB
vaksinasi booster (pixabay)
vaksinasi booster (pixabay)

SurabayaNetwork.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan pemberian vaksin covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster dilakukan secara gratis bagi seluruh masyarakat.

Mulai 12 Januari 2022 lalu, pemerintah melaksanakan vaksinasi dosis ketiga agar meningkatkan kekebalan tubuh seluruh warga.

"Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat covid-19 yang terus bermutasi,” ujar Jokowi dalam konferensi pers langsung di Istana Negara yang disiarkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022.

Baca Juga: Info Vaksinasi Surabaya Minggu 16 Januari 2022, Cek Jenis Vaksin, Lokasi, dan Syaratnya

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama," sambungnya.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan vaksinasi booster Covid-19 untuk masyarakat umum dilakukan awal Februari 2022.

Menghimpun informasi dari Pikiran-Rakyat.com, menurut Siti Nadia Tarmidzi, vaksinasi dosis 3 ini diprioritaskan untuk lansia, tenaga pendidik, dan kelompok rentan lainnya baru kemudian disusul masyarakat umum.

"Vaksinasi masyarakat umum selain lansia dan kelompok rentan paling lambat awal Februari," kata Nadia.

Nadia menuturkan syarat mendapatkan vaksinasi dosis 3 ini adalah telah lengkap mendapat dosis 1 dan dosis 2 dengan jarak 6 bulan setelah dosis 2.

"Presiden sudah mengumumkan bahwa vaksin booster akan diberikan secara gratis kepada masyarakat dengan prioritas lansia dan kelompok rentan lainnya," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X