Inilah Profil Sandiah alias Bu Kasur, Komponis, Pemerhati Pendidikan, Anak Hingga Pengajar

- Minggu, 16 Januari 2022 | 16:56 WIB
Inilah Profil Sandiah alias Bu Kasur, Komponis, Pemerhati Pendidikan, Anak Hingga Pengajar  (PRMN)
Inilah Profil Sandiah alias Bu Kasur, Komponis, Pemerhati Pendidikan, Anak Hingga Pengajar (PRMN)


SurabayaNetwork.Id- Salah satu tokoh pemerhati dunia anal-anak Indonesia adalah Sandiah atau lebih dikenal dengan sapaan bu Kasur.

Hari ini tanggal 16 Januari merupakan hari lahir bu Kasur, 96 tahun yang lalu, tepatnya lahir di kota Batavia sebutan kota Jakarta pada waktu itu.

Ibu Kasur merupakan putri sulung dari pasangan Santoso Mangunsemito dan R.A. Bandiah Santoso Mangunsemito.

Masa kecil bu Kasur dihabiskan di kota Jakarta, kemudian pada saat menginjak remaja, Ibu Kasur beserta keluarganya pindah ke kota Bandung.

Hal tersebut lantaran ayah Ibu Kasur dipindah tugaskan ke ibu kota Jawa Barat.

Baca Juga: Sejumlah ASN Wanita Joget Sembari Bawa Botol Miras, Bupati Humbahas : Setiap pelanggaran Pasti Ada Sanksinya 

Ibu Kasur menyelesaikan pendidikannya di kota Bandung, tepatnya di HKS ( Hoogere Kweek School) sebuah sekolah guru atau sekolah pendidikan guru setingkat SMA saat ini.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di HKS, Ibu Kasur diterima bekerja di Kantor Karesidenan Priangan yang ada di Bandung.

Ibu Kasur bertemu dengan Soerjono atau yang akrab disapa dengan pak Kasur pada saat dia bekerja di Kantor Karesidenan Priangan, hubungan Ibu Kasur dan Pak Kasur pun beranjak ke jenjang yang lebih serius hingga mereka berdua menikah pada tanggal 29 Juli 1945 di kota Yogyakarta.

Ibu Kasur dan Pak Kasur sama – sama dikenal sebagai tokoh pendidikan tanah air yang memiliki kepedulian dan kecintaan yang luar biasa terhadap dunia anak – anak

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X