Vaksinasi Booster Telah Dimulai, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkannya

- Minggu, 16 Januari 2022 | 17:13 WIB
Vaksinasi Booster Telah Dimulai, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkannya (Pixabay)
Vaksinasi Booster Telah Dimulai, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkannya (Pixabay)

 

SurabayaNetwork.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan pemberian vaksin covid-19 dosis ketiga atau booster dilakukan secara gratis bagi seluruh masyarakat.

Mulai 12 Januari 2022, pemerintah melaksanakan vaksinasi dosis ketiga dan gratis agar supaya meningkatkan kekebalan tubuh seluruh warga.

"Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat covid-19 yang terus bermutasi,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers langsung di Istana Negara yang disiarkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022.

Berkaitan dengan hal tersebut pada 10 Januari 2022, Badan POM resmi memberikan persetujuan terhadap vaksin covid-19 untuk pemberian booster atau dosis ketiga. Vaksin tersebut di antaranya adalah CoronaVac/Vaksin COVID-19 Biofarma, Comirnaty Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Baca Juga: Tips Mengerjakan Soal Penalaran Umum UTBK SBMPTN 2022, Dijamin Masuk PTN Impian

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika melakukan vaksinasi booster dari sisi kesehatan:

1. Ada kecenderungan penurunan jumlah antibodii sejak 6 bulan pasca vaksinasi, apalagi di tengah munculnya varian baru covid-19 termasuk varian omicron

2. Bentuk usaha adaptasi masyarakat untuk hidup di masa pandemi covid-19 demi kesehatan jangka panjang

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X