Tim Robot Bayucaraka ITS Sabet Tiga Juara di Singapura

- Senin, 18 April 2022 | 15:17 WIB
Tim Robot Bayucaraka ITS Sabet Tiga Juara di Singapura
Tim Robot Bayucaraka ITS Sabet Tiga Juara di Singapura

SurabayaNetwork.id- Tim robot Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih tiga gelar juara sekaligus dalam kompetisi Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2022 yang diselenggarakan oleh Defence Science Organization (DSO) National Laboratories and Science Centre yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Singapura. 

Dosen pembimbing tim Bayucaraka ITS, Atar Fuady Babgei ST MSc mengatakan SAFMC merupakan kontes robot terbang yang diadakan dalam delapan kategori yang diikuti oleh siswa dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

"Dari berbagai kategori, ITS mengikuti dua di antaranya dan menyabet juara 2 dalam kategori Semi-Autonomous (D1), Autonomous (D2), dan Judge’s Commendation Award,” ujarnya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Kronologi Rombongan Musisi Islami Debu Kecelakaan di Tol Paspro Akibatkan Dua Orang Tewas dan 4 Luka

Dalam kompetisi yang dilaksanakan selama lima hari, mulai Selasa (12/4) lalu, di Singapore Expo tersebut, Tim Bayucaraka ITS mengirimkan divisi Vertical Take Off and Landing (VTOL) yang bernama Tim Soeromiber yang berfokus pada pengembangan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) tipe Copter yang mampu terbang dan mendarat secara vertikal.

Ada lima orang dari tim tersebut yang diberangkatkan ke Singapura dari 12 personel yang ada. 

Lebih lanjut, Atar menjelaskan bahwa dalam kategori Semi-Autonomous (D1) tersebut Tim Bayucaraka ITS berhasil mendapatkan juara 2 dan Judge’s Commendation Award karena berhasil menampilkan performa yang menarik perhatian juri.

Baca Juga: Profil Singkat Muhammad Iqbal Asnan Kasatpol PP Kota Makassar,yang Diduga Terlibat dalam Pembunuhan ASN Dishub

"ITS menjadi satu-satunya yang mendapatkan kesempatan demo dan pameran di depan Minister of Defence, universitas, dan perusahaan teknologi terkemuka di Singapura,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadi Tjahjanto Berantas Mafia Tanah

Sabtu, 25 Juni 2022 | 06:10 WIB

Hukum Meminta Pertolongan Jin

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:31 WIB
X