Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia Hari Ini, Berikut Karya-Karya yang Ditulisnya

- Jumat, 27 Mei 2022 | 12:38 WIB
daftar buku karya buya syafii maarif
daftar buku karya buya syafii maarif

SurabayaNetwork.id - Muhammadiyah dan masyarakat Indonesia berduka atas meninggalnya Buya Prof. Dr .H. Ahmad Syafii Maarif atau lebih dikenal dengan Buya Syafii.

Dikabarkan bahwa Buya Syafii meninggal dunia hari ini pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Sebagai seorang ulama dan cendekiawan Indonesia, Buya Syafii meninggalkan karya-karya yang beliau tulis semasa hidupnya.

Berikut karya-karya Buya Syafii yang patut dibaca sebagai penambah wawasan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Karya Buya Ahmad Syafii Maarif, Salah Satunya 'Tuhan Menyapa Kita'

  1. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan Dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah

Buku ini diterbitkan pertama pada 2009. Buku ini berisi tentang gagasan reflektif dari seorang cendekiawan Muslim dan guru bangsa, Ahmad Syafii Maarif.

Gagasan tersebut lahir dari rasa iba bahwa umat Islam semestinya tidak mempersoalkan hubungan Islam, keindonesiaan, dan kemanusiaan mengingat penduduk mayoritas nusantara

  1. Islam Dan Politik: Teori Belah Bambu, Masa Demokrasi Terpimpin, 1959-1965

Terbitan pertama tahun 1996. Dalam buku ini, Buya Syafii menyuguhkan analisis historis-politis yang tak hanya menyajikan representasi keluasan dan kedalaman wawasan, tetapi juga memperlihatkan keprihatinan terhadap situasi umat Islam dalam panggung sejarah politik di Indonesia.

  1. Fikih Kebinekaan

Buku ini memuat rumusan fikih yang fokus pada fenomena keberagaman di masyarakat.

  1. Islam, Humanity, And The Indonesian Identiry: Reflections On History

Terbitan pertama pada 29 Juni 2018. Ahmad Syafii dalam bukunya ini membahas isu-isu kontemporer kritis seperti demokrasi, hak asasi manusia, kebebasan beragama, status perempuan, dan masa depan Islam.

Halaman:

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X