PPDB Tahun 2022 Jenjang SMP, Empat Konsep Jalur PPDB Mulai Zonasi, Afirmasi Hingga Prestasi

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:11 WIB
PPDB Tahun 2022 Jenjang SMP : Empat Konsep Jalur PPDB (Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, dan Prestasi)
PPDB Tahun 2022 Jenjang SMP : Empat Konsep Jalur PPDB (Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, dan Prestasi)

 

Surabaya Network.id-PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) merupakan kegiatan rutin tiap tahun ajaran yang wajib dilakukan oleh semua sekolah diseluruh Indonesia baik dari jenjang SD, SMP, SMA, dan seterusnya.

Pada tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah menetapkan beberapa informasi kaitannya dengan PPDB tahun 2022.

Empat konsep jalur PPDB yang sudah ditetapkan yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali dan prestasi.

Pertama, jalur zonasi.
Zonasi diitujukan untuk mendorong peran komunitas dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga masyarakat mempunyai rasa memiliki terhadap penyelenggaraan pendidikan. Kuota jalur zonasi yaitu minimal 50%.

Syarat keterangan domisili dalam aturan zonasi sebagai berikut.
1. Jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili didalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah;

2. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

3. Dalam hal calon peserta didik tidak memiliki Kartu Keluarga karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili dari Rukun Tetangga atau Rukun Warga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat setempat lain yang berwenang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisli paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya Surat Keterangan Domisili.

Kedua, jalur afirmasi. Kuota jalur afirmasi yaitu minimal 15%.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X