Bagi Seseorang yang Menyembelih Hewan Kurban Orang Lain, Apakah Ia Mesti Menyebutkan Nama Orang yang Berkurban

- Rabu, 6 Juli 2022 | 10:29 WIB
Bagi Seseorang yang Menyembelih Hewan Kurban Orang Lain, Apakah Ia Mesti Menyebutkan Nama Orang yang Berkurban? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad, Lc Ma (fik.uny.ac.id)
Bagi Seseorang yang Menyembelih Hewan Kurban Orang Lain, Apakah Ia Mesti Menyebutkan Nama Orang yang Berkurban? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad, Lc Ma (fik.uny.ac.id)
 
 
SurabayaNetwork.id - Beberapaorang yang berkurban tentu akan menyembelih hewan kurbannya sendiri karena ini dianjurkan. Beberapa orang lainnya adapula yang mewakilkan kepada orang lain untuk menyembelihkan hewan kurbannya karena beberapa kondisi yang tidak memungkinkan.
 
Apakah anda pernah menyembelihkan orang hewan kurbannya? Atau ada salah satu keluarga anda yang menyembelihkan orang lain hewan kurban? Orang yang mewakilkan orang lain menyembelihkan hewan kurban tentu akan terpikirkan sekilas sebuah pertanyaan yaitu apakah harus menyebutkan nama orang yang berkurban?
 
Kaitannya dengan hal tersebut, Ustadz Abdul Somad, Lc Ma pernah menyampaikan hal ini dan tertuang dalam ebook "33 Tanya Jawab Seputar Kurban oleh Ustadz Abdul Somad, Lc Ma". Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.
 
 
Ia tidak harus menyebutkan nama orang yang berkurban, karena niat orang yang berkurban itu sudah mencukupi.
 
Apabila ia tetap menyebutkan nama orang yang berkurban, maka itu boleh dilakukan, karena Rasulullah SAW pernah mengucapkan seperti di bawah ini.
 
"Ya Allah, terimalah dari Muhammad, keluarga Muhammad dan umat Muhammad". Kemudian Rasulullah SAW menyembelih hewan kurbannya". (H.R. Muslim).
 
Menurut Imam al-Hasan, bacaan bagi orang yang menyembelihkan hewan kurban orang lain yang artinya adalah
 
"Dengan nama Allah dan Allah maha besar. Ini dari-Mu dan untuk-Mu. Terimalah dari si fulan (dengan menyebutkan nama orang yang berkurban)"
 
Demikianlah penjelasan singkat tentang menyebutkan nama orang yang berkurban oleh orang yang menyembelih hewan kurban. Semoga bermanfaat.***
 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X