3 Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022, Tema Pendidikan di Era Globalisasi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:16 WIB
pidato hari kemerdekaan
pidato hari kemerdekaan
SurabayaNetwork.id - Hari kemerdekaan Indonesia ke 77 akan dirayakan pada tanggal 17 Agustus 2022.
 
Hari kemerdekaan Indonesia adalah hari bersejarah yang sering di isi dengan berbagai kegiatan menarik.
 
Salah satu kegiatan yang menarik saat hari kemerdekaan adalah lomba pidato.
 
 
Tak hanya menarik, lomba pidato saat 17 Agustus juga bisa melatih kreatifitas orang dalam menyampaikan sesuatu didepan publik.
 
Ada banyak contoh pidato yang bisa kamu gunakan untuk acara perayaan hari kemerdekaan. 
 
Jenis pidato tersebut tentunya perlu disesuaikan dengan konteks dan topik yang ingin dibawakan. 
 
Nah, berikut ini adalah kumpulan pidato yang cocok untuk perlombaan saat 17 Agustus bertema pendidikan.
 
Contoh 1
 
Assalamualaikum warahmatullah.
 
Pertama-tama mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas keberkahan dan kenikmatan-Nya sehingga kita semua dapat dipertemukan di sini dalam keadaan sehat dan sejahtera.
 
Pendidikan menjadi elemen penting dalam memajukan bangsa Indonesia ini. Tetapi, jika kita tidak memanfaatkan sarana pendidikan yang ada maka bangsa kita tidak akan maju dan berkembang. 
 
Ilmu pengetahuan juga bisa menjadi pegangan saat kita memecahkan masalah di hidup kita. Jika fakir ilmu maka bagaimana kita akan memecahkan segala persolan dalam hidup.
 
Mencari ilmu dan belajar bisa di mana saja, walau sejatinya kita belajar dan menuntut ilmu di sekolah atau lembaga formal lainnya. Yang penting kita harus selalu mau belajar untuk menambah ilmu pengetahuan kita.
 
Bagi para guru, jangan lelah untuk menebarkan ilmu yang bermanfaat untuk anak-anak didik kita, dan untuk para siswa jangan lelah menuntut ilmu agar kalian menjadi penerus bangsa.
 
Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah SWT selalu memberi rahmat-Nya untuk kita. Terima kasih.
 
Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh
 
 
Contoh 2
 
Assalamualaikum Wr. Wb.
 
Hadirin yang saya hormati
 
Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat serta hidayahNya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.
 
Hadirin yang berbahagia
 
Dalam mencari ilmu, Allah SWT pernah menguji para malaikat-malaikatNya bahwa ternyata tidak ada seseorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah SWT. 
 
Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipanNya. Bahkan malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. 
 
Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apa pun yang kita miliki, tidak boleh sombong.
 
Hadirin yang saya hormati
 
Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. 
 
Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangat penting sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya, walau hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah SWT dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.
 
Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah SWT. Amin.
 
Wassalamualaikum Wr. Wb.
 
Contoh 3
 
Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh
 
Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormati,
 
Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas izin dan rida-Nya bisa berkumpul bersama hari ini. 
 
Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan hari ini adalah tentang pendidikan moral.
 
Akhir-akhir ini kita sering melihat dan menonton berita mengenai kasus kriminal yang dilakukan oleh sekelompok orang atau oleh anak-anak yang masih sekolah. 
 
Bahkan banyak kasus pembunuhan, perkosaan, penganiayaan, penyalahgunaan narkotika dan tindak korupsi di antara para pejabat. Semua perilaku buruk tersebut akan merugikan kita semua, khususnya bagi para generasi muda.
 
Perilaku buruk tersebut terjadi karena kurangnya pendidikan moral di masyarakat. 
 
Maka itu, penting melakukan pengembangan pendidikan moral dengan cara menanamkannya pada anak-anak sedini mungkin di rumah. 
 
Buatlah pelajaran pendidikan moral yang menarik agar anak-anak tertarik dan memahami nilai-nilai moral yang diajarkan.
 
Mungkin penerapan pendidikan moral ini tidak mudah, tetapi kita jangan menyerah untuk menerapkan nilai moral di keluarga, masyarakat, dan instansi pendidikan agar kita bisa meminimalisasi perilaku buruk pada anak-anak dan tidak dilakukan lagi di generasi mendatang.
 
Sekian pidato singkat dari saya. Dengan kerendahan hati, saya mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan pada pidato saya ini. semoga rahmat Tuhan selalu melimpah kepada kita semua, sekian dan terima kasih.
 
 
Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.
 
Itulah tiga contoh teks pidato tema pendidikan untuk 17 Agustus, singkat dan mudah dihafal.**
 
Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel
 

Editor: Lukman Hadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X