Ini Profil Bharada E alias Richard Eliezer, Telah Tersangka, Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:06 WIB
Ini Profil Bharada E alias Richard Eliezer, Telah Tersangka, Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Ini Profil Bharada E alias Richard Eliezer, Telah Tersangka, Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara



SurabayaNetwork.id - Saat ini  kasus polisi tembak polisi telah menemui titik terang, kasus  ini melibatkan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dan Bharada E alias Richard Eliezer.

Tepatnya Rabu 3 Agustus 2022 malam, kepolisian telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka atas kasus penembakan terhadap Brigadir J.

Status tersangka Bharada E  atas kasus yang dilaporkan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J pada Senin 18 Juli 2022, terkait pembunuhan berencana dengan Pasal 340 juncto 338 juncto 351 ayat 3 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Baca Juga: Contoh Pidato HUT RI Ke-77 Untuk Siswa SD SMP SMA, Singkat Mudah Dihafalkan

Sedangkan keterangan dari Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djayadi, Bharada E dijerat dengan Pasal 338 tentang pembunuhan, dijuncto-kan dengan Pasal 55 tentang bersekongkol dalam tindak kejahatan (turut serta) dan Pasal 56 KUHP tentang membantu tindak pidana atau kejahatan.

“Yang terbukti untuk Bharada E adalah Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP,” kata Andi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu malam.

Dikutip dari berbagai sumber inilah profil Bharada E yang kini ditetapkan tersangka oleh polisi.

Sosok Bharada E memiliki nama lengkap  Richard Eliezer Pudihung Lumiu berusia 24 tahun.

Dia merupakan ajudan pribadi Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol.Ferdy Sambo.

Bila ditilik mengenai pangkat, Bharada merupakan akronim dari Bhayangkari Dua.

Eliezer berpangkat Bharada, atau dalam kepangkatan Polri disebut dengan Tamtama, atau pangkat tersebut merupakan pangkat terendah dalam kepolisian.

Sosok Bharada E ini sebelumnya pernah diungkapkan oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan nonaktif, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto. Dia menyebut Bharada E adalah penembak kelas satu di Resimen Pelopor.

Selain itu Bharada E juga ditunjuk menjadi pelatih vertical rescue atau teknik penyelamatan pada Medan vertical atau curam.

Bharada E ini sebagai pelatih ‘vertical rescue’ dan di Resimen dia menjadi tim penembak kelas satu,” kata kombes Budhi di Jakarta, Selasa 12 Juli 2022 sebagaimana dikutip dari Antara.

Dikutip dari akun Instagram Eliser dengan nama @r.lumiu, pada profil Bharada E dia merupakan pemanjat tebing, tampak dari postingan foto yang diunggah, Bharada E banyak mengunggah aktivitas yang berkaitan dengan alam, termasuk aktivitas wall dan rock climbing.

Akhirnya dengan sangkaan Pasal 338 KUHP atas pembunuhan terhadap Brigadir J Bharada E terancam hukuman 15 tahun penjara.***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram   Surabaya Network, caranya klik link https//t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X