Khofifah Ajak Maknai Hari Pahlawan dengan Meneladani Keberanian Syuhada Arek-arek Suroboyo dan Jatim

- Jumat, 11 November 2022 | 15:31 WIB
Khofifah Ajak Maknai Hari Pahlawan dengan Meneladani Keberanian Syuhada Arek-arek Suroboyo dan Jatim
Khofifah Ajak Maknai Hari Pahlawan dengan Meneladani Keberanian Syuhada Arek-arek Suroboyo dan Jatim


SurabayaNetwork.id- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memaknai Hari Pahlawan dengan meneladani keberanian para syuhada Arek-arek Suroboyo dan Jawa Timur dalam epos besar Pertempuran 10 November 1945.

Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat Jatim untuk memiliki mental memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara. Dimana mental itu dibentuk melalui edukasi spiritual, edukasi sosial, politik dan juga kebudayaan.

“Mengapa edukasi mau memberi dan bersungguh-sungguh dalam ikatan kebangsaan menjadi penting? Karena meskipun manusia memiliki kecenderungan pada kebaikan, cenderung pada tindak kepahlawanan, dan mengutamakan kebaikan bersama sebagai fitrah manusia, namun kesemua itu tidak bersifat taken for granted,” kata Khofifah usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (10/11/2022).

“Nilai-nilai dan karakter kepahlawanan dan kebaikan harus dirawat, dipupuk dan dijaga oleh pendidikan yang berorientasi memajukan karakter bangsa. Pendidikan yang bertujuan pada pemuliaan kemanusiaan, budi pekerti dan akhlakul karimah,” imbuhnya.

Baca Juga: Puan Maharani Beri Karangan Bunga di Itaewon, Netizen Teringat Tragedi Kanjuruhan

Seperti yang disampaikan Bung Karno di buku ‘Di bawah Bendera Revolusi’, ditegaskan bahwa kekuatan dari suatu bangsa dalam memperjuangkan dan mengarungi jembatan emas kemerdekaan Indonesia tidak pada kekuatan untuk meminta, tapi pada kekuatan untuk memberi.

“Prinsipnya adalah memberi apa yang kita punya. Dengan begitu sebenarnya kita telah membangun karakter kepahlawanan,” tandasnya.

Lebih lanjut menurutnya, setiap orang memiliki tugas untuk mengedukasi. Termasuk mengedukasi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

"Bagaimana kita mengedukasi untuk bisa memberikan keteladanan, kemudian karakter kepahlawanan dan semangat yang bisa memberikan penguatan bagaimana Jawa Timur gagah dan perkasa," katanya

Tidak hanya itu, Mantan Menteri Sosial RI ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memaknai Peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum untuk bangkit dan bersatu menghadapi ancaman dan tantangan global.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X