9 Cara Menghapus Dosa Zina Sebelum Menikah, Wajib Tahu Agar Rumah Tangga Bahagia Dunia Akhirat

- Jumat, 18 November 2022 | 13:54 WIB
9 Cara Menghapus Dosa Zina Sebelum Menikah, Wajib Tahu Agar Rumah Tangga Bahagia Dunia Akhirat
9 Cara Menghapus Dosa Zina Sebelum Menikah, Wajib Tahu Agar Rumah Tangga Bahagia Dunia Akhirat



SurabayaNetwork.id
 – Berikut adalah 9 cara menghapus dosa zina sebelum menikah yang wajib diketahui agar rumah tangga bahagia dunia akhirat.

Tentunya setiap pasangan menginginkan kehidupan rumah tangga yang bahagia baik didunia maupun di akhirat.

Namun jika pernah melakukan zina sebelum menikah, bagaimanakah cara menghapus dosanya agar rumah tangga bahagia?

Kemudian apakah dosa zina sebelum menikah dapat diampuni oleh Allah SWT?

Mengingat zina merupakan dosa keji yang Allah SWT selalu ingatkan pada umat-NYA agar menjauhinya.

Akan tetapi pada dasarnya, Allah SWT adalah maha pemaaf, maka masih ada harapan untuk memohon ampun kepada-NYA dengan tulus.

Lantas bagaimanakah cara menghapus dosa zina yang terlanjur dilakukan sebelum menikah?

Sebagaimana telah dikutip SurabayaNetwork.id dari kanal Youtube Yufid.TV berikut adalah 9 cara menghapus dosa zina sebelum menikah yang wajib diketahui agar rumah tangga bahagia dunia akhirat.

1. Menyesali Perbuatan Zina yang Telah Dilakukan

Untuk menghapus doza zina yang telah dilakukan, yang pertama adalah bertobat dan menyesali perbuatan. Penyesalan tersebut harus jujur dari dalam hati.

Kemudian jangan lupa berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

2. Taubat nasuha

Taubatan nasuha merupakan tobat yang benar-benar murni dari hati dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan kembali. Hal tersebut selaras dengan QS At Tahrim ayat 8 berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS At Tahrim ayat 8)

3. Melaksanakan Sholat Taubat

Cara yang selanjutnya adalah sholat taubat yang dilakukan sesudah sholat isyak sebanyak 2-6 rakaat. Saat melakukan solat harus dengan niat ikhlas karena Allah Ta’ala. Hal ini selaras dengan ayat Al Quran berikut, yang artinya :

“Dan Dialah Yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan memaafkan kesalahan-kesalahan.” (QS. Asy-Syuuraa: 25)

4. Dzikir dan Mengingat Allah

Cara yang selanjutnya adalah dengan berdzikir dan mengingat asma Allah sesuai dengan ayat Allah SWT, diantaranya :

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Al imran: 135)

5. Perbanyak Istighfar

Kemudian dengan memperbanyak istighfar kepada ALLAH, dimana ini pun sudah ditulis dalam ayat Allah yang artinya:

“Siapa yang membaca Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi maka akan diampuni dosanya walaupun ia pernah lari dari medan perang.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, al-Thabrani, Al-Hakim dan Ibnu Abi Syaibah).

6. Menyempurnakan Wudhu Dan Berjalan Menuju Masjid

Hal ini sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam telah bersabda : “Maukah kalian saya perlihatkan suatu hal yang bisa meniadakan dosa serta mengangkat derajat. Mereka menjawab : ya wahai rasululloh. Beliau berkata : menyempurnakan wudhu saat saat susah serta perbanyak langkah kemasjid dan menanti shalat satu ke shalat yang lain, lantaran hal semacam itu yaitu ribath.” (HR Muslim serta Al Tirmidzi).

7. Memperbanyak sujud

Cara yang berikutnya adalah dengan memperbanyak sujud kepada Allah sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda :

“Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sekali sujud kepada Allah kecuali Allah mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu kesalahanmu (dosa)” (HR Muslim).

8. Bersedekah

Cara yang selanjutnya adalah bersedekah, sebagaimana firman allah dalam QS. Al-Baqarah berikut.

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pun bersabda:

“Shadaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api.” (HR Ahmad dan Al Tirmidzi).

9. Memperbanyak Membaca Pujian Kepada Allah

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Barang siapa membaca Subhanallahi Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Ahmad).***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X