Contoh Teks Pidato Hari Guru Nasional 2022, Singkat untuk Lomba Pidato Hari Guru

- Selasa, 22 November 2022 | 18:39 WIB
Contoh  Teks Pidato Hari Guru Nasional 2022, Singkat untuk Lomba Pidato Hari Guru
Contoh Teks Pidato Hari Guru Nasional 2022, Singkat untuk Lomba Pidato Hari Guru




SurabayaNetwork.id - Berikut ini adalah contoh teks pidato hari guru nasional tahun 2022 yang cocok untuk lomba pidato siswa di sekolah.

Hari guru nasional menjadi hari nasional sekaligus penanda HUT PGRI ke 77 tahun 2022.

Hari guru nasional tentu tidak bisa dilewatkan tanpa adanya kegiatan menarik untuk dilakukan siswa maupun guru di sekolah.

Salah satu kegiatan menarik untuk memperingati hari guru nasional adalah lomba pidato.

Baca Juga: 5 Puisi Tema Guru Karya Chairul Anwar, Ungkapan Kasih untuk Guru Tercinta

Berikut ini dibagikan contoh teks pidato yang cocok untuk lomba pidato dalam peringatan HUT PGRI ke 77 atau hari guru nasional 2022.

Contoh Pidato Hari Guru Nasional 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air,

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu dan kita pun diizinkan oleh Tuhan untuk kembali singgah di momentum spesial peringatan Hari Guru Nasional 25 November Tahun 2022.

Tiada terasa, peringatan yang berbarengan dengan didirikannya organisasi PGRI ini sekarang sudah bertambah tua.

Tujuh puluh tujuh tahun sudah kita menyapa guru serta segenap pelaku pendidikan lainnya. 77 tahun sudah kita berupaya untuk mengapresiasi para guru dan memenuhi hak mereka.

Namun, pada hampir dua tahun terakhir ini Wajah Pendidikan Indonesia sedikit kusam dan lebih mengerti daripada tahun-tahun sebelumnya sebagai imbas tamparan pandemi Corona.

Wabah tersebut adalah ujian nyata bukan hanya bagi eksistensi pendidikan di Indonesia melainkan pula di dunia.

Alhasil, mau tidak mau, suka dan tidak suka, segenap guru harus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar-mengajar.

Darinya, lahirnya sistem pembelajaran daring, sistem pembelajaran jarak jauh, hinggalah pembelajaran tatap muka dengan kondisi terbatas maupun penuh. Berbarengan dengan hal tersebut, beberapa kali terbit pula blended learning yang disesuaikan dengan keadaan.

Bapak dan Ibu Guru yang Berbahagia;

Terasa atau tidak, pandemi adalah ujian hebat yang mengajak kita untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan.

Baca Juga: Muktamar ke 48 Aisyiah dan Muhammadiyah, Psikologi UMS Sulap Kampus Jadi “Pondokan Gratis” untuk Penggembira

Sekarang, para orang tua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di dunia pendidikan.

Berangkat dari kesadaran tersebut, kita harus bangkit. Entah itu sekolah pelosok maupun kota, entah itu sekolah ujung maupun di tepi jalan, masing-masing dari kita perlu saling mendukung, berkolaborasi, serta bersinergi untuk memulihkan pendidikan di negeri ini.

Para guru sekarang sedang berjuang mewujudkan merdeka belajar, merdeka mengajar, serta menjalankan amanah mengarahkan para generasi penerus bangsa menuju pelajar yang berprofil Pancasila.

Maka dari itu, marilah kita dukung mereka, mari kita sama-sama mendukung, dan jangan segan untuk mengapresiasi dengan sepenuh hati.

Di era milenial seperti saat sekarang ini, kepedulian adalah pijakan utama bagi negeri ini untuk segera pulih dari badai pandemi.

Tidak cukup dengan kata-kata, tidak cukup dengan sambutan, tidak cukup dengan amanat, bahkan juga tidak cukup hanya dengan membagikan kebijakan terbaru.

Tanpa ada rasa kepedulian dan keinginan untuk ikut serta menuju kemajuan, maka akan sangat berat bagi negeri ini untuk segera pulih.

Bapak dan Ibu Guru yang Saya Hormati;

Pada peringatan Hari Guru Nasional 25 November Tahun 2022 ini, mari kita gaungkan semangat kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri. Kita sudah rindu melihat Wajah Pendidikan Indonesia kembali tersenyum lepas. Tapi tetap saja dibutuhkan keringat yang tidak sedikit.

Sikap peduli datangnya dari hati, terutama hati yang lembut dan tulus dalam abdi. Berangkat dari kepedulian, mari kita bergerak bersama-sama untuk memulihkan kembali pendidikan di Bumi Pertiwi.

Baca Juga: 20 Kata Ucapan Hari Guru Nasional 25 November 2022 Berkesan untuk Guru

Akhir kata, pada momentum yang berbahagia ini, saya dengan tulus mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional yang ke-77 Tahun 2022. Bergeraklah dengan dan dari hati, lalu bersatu kita demi memulihkan pendidikan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Demikian contoh pidato untuk memperingati Hari Guru Nasional 2022 yang cocok lomba pidato siswa di sekolah.***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Foto : Freepik

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X