Kejaksaan Negeri Situbondo Musnahkan Ribuan Barang Bukti Berkekuatan Hukum Tetap

- Jumat, 2 Desember 2022 | 05:20 WIB
Kejaksaan Negeri Situbondo Musnahkan Ribuan Barang Bukti Berkekuatan Hukum Tetap
Kejaksaan Negeri Situbondo Musnahkan Ribuan Barang Bukti Berkekuatan Hukum Tetap

 

SurabayaNetwork.id - Berdasarkan putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) Kejaksaan Negeri (Kejari) IIB Situbondo gelar kegiatan Pemusnahan ribuan barang bukti tindak pidana di Halaman Kejari, Senin 28 November 2022.

Barang bukti yang dimusnahkan dalam kegiatan tersebut antara lain berupa narkotika dan obat obatan daftar G, minuman keras, senjata tajam dan lainnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Situbondo, Nauli Rahim Siregar, menjelaskan bahwa jumlah perkara pemusnahan barang bukti ini ialah 43 perkara biasa, 2 perkara tindak pidana ringan, perkara narkotika, obat-obatan daftar G, penganiayaan, pembunuhan, perlindungan anak, penipuan dan perkara lainnya.

"Untuk barang bukti yang dimusnahkan dari tindak pidana penjualan obat daftar G sebanayak 14.322 butir, tindak pidana narkotika kita memusnakan sabu-sabu dengan berat kotor sekitar 75,056 gram,” jelas Kajari Nauli Rahim Siregar.

Baca Juga: Fakta Lesti Billar Sumbang 500 Juta untuk Korban Gempa Tersebar, Diduga Disebarkan Petugas Dinas

Selain itu Kajari menambahkan, bahwa pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara dibakar, dihancurkan dan dibuang tergantung jenis barang buktinya.

"untuk narkotika hancurkan dengan blender selanjutnya dibakar bersamaan dengan barang, sedangkan untuk handphone dan senjata tajam kita hancurkan dan kita rusak, selanjutnya minuman keras kita buang ke galian yang sudah disediakan lalu ditimbun dengan tanah,"imbuhnya.

“Acara ini merupakan salah satu tugas jaksa yaitu melaksanakan putusan pengadilan. Tersangkanya sudah di lapas (Lembaga Permasyarakatan) maka barang buktinya kita musnahkan,”pungkasnya.

Halaman:

Editor: Wirawan Dwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X