Ups Salah ! Bukan Kota Santri, Berikut Julukan Kabupaten Situbondo Sebenarnya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 01:35 WIB
Ups Salah ! Bukan Kota Santri, Berikut Julukan Kabupaten Situbondo Sebenarnya
Ups Salah ! Bukan Kota Santri, Berikut Julukan Kabupaten Situbondo Sebenarnya

SurabayaNetwork.id - Kabupaten Situbondo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang cukup dikenal dengan julukan Kota Santri Pancasila. Luas Kabupaten Situbondo adalah 1.638,50 km2 atau 163.850 Ha, bentuknya memanjang dari Barat ke Timur sepanjang Pantai Selat Madura ± 158 Km dengan lebar rata-rata ± 11 Km.

Namun banyak julukan yang pernah disematkan pada Kabupaten yang terkenal dengan peristiwa pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda itu.

Berikut Julukan Kabupaten Situbondo yang berhasil Jurnalis SurabayaNetwork.id dapatkan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Wow! Serasa Bagai di Surga, Inilah Daftar Gunung Terindah Bagai Lukisan di Indonesia yang Wajib Kamu Datangi

1. Surga Burung

Kabupaten Situbondo sebelumnya terkenal dengan julukan surga burung. diberikannya julukan tersebut bukan tanpa alasan, hal ini karena di Situbondo terdapat sebuah kawasan wilayah yang dihuni ribuan burung dengan beragam jenis, dari burung blekok sawah (ardeola speciosa), hingga kategori burung yang dilindungi seperti burung kuntul kecil (egretta garzetta), kuntul kerbau (bulbucus ibis), serta gajahan pengala (numenius phaeopus). Burung-burung ini bermukim damai di kawasan hutan bakau atau magrove.

Daerah tersebut kini bernama Wisata Kampung Blekok di Desa Kendit, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

2. Afrika Van Java

Dijuluki sebagai Africa van Java karena di wilayah Kabupaten Situbondo terdapat Taman Nasional Baluran, dimana bentang alamnya mirip dengan Afrika, di mana terdapat padang savana yang luas dan dipenuhi satwa liar.

Halaman:

Editor: Setiawan D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X